Rabu, 30 Mei 2018 14:55 WIB

Giring Rela Vasektomi Demi Istri, Apa Dampaknya?

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Giring ganesha memutuskan untuk vasektomi demi istri (Foto: Desi/detikHOT) Giring ganesha memutuskan untuk vasektomi demi istri (Foto: Desi/detikHOT)
Jakarta - Giring Ganesha mengaku menjalani vasektomi setelah dirinya tidak tega melihat perjuangan sang istri melahirkan empat kali. Menurutnya, pengorbanannya untuk Cynthia, istrinya, tidak seberapa dibandingkan apa yang telah dijalani Cynthia saat melahirkan.

Kepada detikHealth beberapa waktu lalu, dr Andri Wanananda MS menjelaskan vasektomi adalah salah satu metode kontrasepsi paling efektif dengan angka kegagalan kurang dari 0,1 - 0,15 persen pada tahun pertama pasca tindakan.

Vasektomi sendiri merupakan metode pemandulan pria dengan cara memotong vas deferens atau saluran sperma agar sperma tidak dapat membuahi sel telur. Namun, vasektomi tidak memengaruhi fungsi kelenjar-kelenjar asesoris yang menghasilkan cairan semen (cairan sperma), maka dari itu cairan semen tetap keluar saat pria yang sudah divasektomi ejakulasi.



"Tapi, cairan yang dikeluarkan saat ejakulasi tidak mengandung sel spermatozoa," ujar dr Andri. Dengan kata lain, cairan tersebut tidak dapat membuahi pasangan.

Beberapa artis disebut-sebut sudah menjalani prosedur yang satu ini seperti Limbad. Anang Hermansyah sebelumnya juga memiliki niatan untuk menjalani vasektomi namun akhirnya gagal karena ingin memiliki buah hati lagi.





Tonton juga 'Anak Keempat Giring Laki-laki, Ini Arti Namanya':

(ask/up)