Kamis, 31 Mei 2018 10:58 WIB

Hari Tanpa Tembakau Sedunia

Tips Berhenti Merokok dengan 'START', Bagaimana Caranya?

Widiya Wiyanti - detikHealth
Tips berhenti merokok dengan START. Foto: thinkstock Tips berhenti merokok dengan 'START'. Foto: thinkstock
Jakarta - Kita semua tahu risiko berbahaya dari merokok bisa mendekatkan diri lebih dekat pada kematian, namun kebanyakan orang tidak mudah untuk menghentikan kebiasannya itu.

Rokok mengandung nikotin dan berpuluh-puluh juta zat berbahay lainnya. Nikotin di dalam rokok lah yang membuat ketagihan dan sulit melepaskannya. Bagaimana tidak, bagi perokok, rokok bisa menghilangkan stres dan membuatnya merasa lebih santai.

Tapi, beberapa orang mengaku ingin berhenti dari kebiasaan buruk ini. Seperti Ahmad (21) yang ingin berhenti merokok namun merasa sangat sulit.

"Pengin banget berhenti, sudah coba-coba tapi susahnya minta ampun," ujarnya kepada detikHealth.


Bertepatan dengan Hari Tanpa Tembakau Sedunia yang jatuh pada tanggal 31 Mei, dikutip dari HelpGuide, ada tips-tips untuk perokok yang ingin berhenti merokok dengan mudah, yaitu dengan 'START'.

S = Set a quit date

Aturlah tanggal kapan mulai berhenti merokok. Pilihlah tanggal dalam dua minggu ke depan, jadi punya cukup waktu untuk mempersiapkan tanpa kehilangan motivasi untuk berhenti. Jika kerap merokok di tempat kerja, mulai berhentilah di akhir pekan untuk menyesuaikan diri dengan perubahan.

T = Tell family, friends, and co-workers that you plan to quit

Beritahu orang terdekat, baik keluarga, teman, atau rekan kerja mengenai rencanamu berhenti merokok. Karena kamu memerlukan dukungan dan dorongan untuk melakukan hal itu, mereka bisa membantumu untuk berhenti merokok.

A = Anticipate and plan for the challenges you'll face while quitting

Buatlah antisipasi dan rencana B untuk menghadapi tantangan dalam berhenti merokok. Kebanyakan orang yang sudah bisa berhenti akan mulai merokok lagi dalam tiga bulan pertama. Jadi persiapkan dirimu.

R = Remove cigarettes

Buanglah semua rokok yang kamu punya. Jangan sediakan di rumah, mobil, kantor, atau tempat lainnya. Buang juga korek api dan asbak yang dapat memicu kendala dalam berhenti. Semua benda yang berbau asap rokok, segeralah cuci dan bersihkan hingga sebersih-bersihnya.

T = Talk to your doctor

Ada baiknya untuk mengkonsultasikan rencana untuk berhenti merokok ke dokter. Dokter bisa meresepkan obat yang dapat membantu mengurangi gejala pembatasan rokok, seperti pusing, sakit tenggorokan, dan lemas. Kamu juga bisa menggunakan permen karet atau lolipop sebagai pengganti rokok.





(wdw/up)
News Feed