Sabtu, 02 Jun 2018 03:19 WIB

5 Isyarat Tubuh yang Menandakan Kurang Tidur

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Kurang tidur bisa dikenali dari sejumlah isyarat tubuh (Foto: Ilustrasi/thinkstock)
Jakarta - Idealnya, tubuh memerlukan tidur 6-8 sehari agar bisa berfungsi dengan baik. Pada saat-saat tertentu seperti ketika harus bangun sangat pagi untuk sahur, maka harus ditebus dengan tidur lebih awal pada malam sebelumnya.

Tanpa harus menghitung berapa jam seseorang telah tidur, tanda-tanda kurang tidur sebenarnya bisa diamati dari banyak hal. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.



1. Cepat lapar
Kurang tidur memicu pelepasan hormon ghrelin, yang dikenal sebagai hormon rasa lapar. Itu sebabnya, tidur terlalu singkat membuat seseorang cenderung makan berlebihan.

2. Mudah lupa
Tiba-tiba sering lupa di mana meletakkan kacamata? Jika bukan karena sifat aslinya memang pelupa, maka perlu curiga bahwa kebutuhan tidur tidak terpenuhi. Tidur yang cukup sangat dibutuhkan untuk membuan racun-racun dari otak.

3. Jadi ceroboh
Kurang tidur sangat berdampak pada kemampuan motorik. Maka jika sering menjatuhkan sesuatu dari genggaman, tidak ada salahnya mengevaluasi kualitas dan kuantitas tidur.

4. Kulit kusam dan kering
Sebuah penelitian di Amerika Serikat membuktikan bahwa regenerasi sel-sel kulit berlangsung lebih optimal pada orang-orang yang kebutuhan tidurnya tercukupi. Pemulihan kulit 30 persen lebih baik dibandingkan pada mereka yang kurang tidur.

5. Uring-uringan
Kurang tidur juga menyebabkan emosi yang tidak terkontrol. Mudah tersinggung, uring-uringan dan mudah merasa gelisah, terkadang muncul hanya karena kurang tidur.

(up/up)