Sabtu, 02 Jun 2018 16:11 WIB

Idap Guitar Dystonia, Musisi Ini Jalani Bedah Otak Sambil Main Gitar

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Sambil memainkan gitar, musisi ini menjalani operasi bedah otak (Foto: SWNS)
Jakarta - Seorang musisi mengalami kondisi langka yang membuat tangan kirinya kehilangan 80 persen kemampuan motoriknya. Ia menjalani bedah otak di India untuk mengatasi kondisi tersebut, dan dilakukan sembari ia memainkan gitar.

Taskin Ibna Ali (31) megidap kondisi langka focal hand dystonia, atau disebut juga musician's cramp. Diyakini, penyebabnya adalah hilangnya kemampuan sistem kontrol motorik di otak dan butuh operasi untuk membetulkannya.

Operasi membedah otak Taskin dilakukan dalam kondisi sadar, bahkan Taskin menjalaninya sambil bermain gitar. Ini dilakukan sekaligus untuk memastikan bahwa dokter mengoperasi bagian yang tepat di otaknya.



Usai operasi, musisi asal Bangladesh tersebut mendapatkan kembali kemampuan jemari tangan kirinya yang hilang selama lima tahun terakhir.

"Ini merupakan bedah sirkuit otak yang sangat terspesialisasi yang dilakukan di sangat sedikit tempat di India," jelas Dr Sharan Srinivasan, ahli saraf yang menangani Taskin, dikutip dari Foxnews.

Operasi dilakukan dengan bius lokal karena dokter butuh pasien tetap sadar. Pasien juga diminta untuk memainkan gitar secara berulang.

(up/up)