Jumat, 08 Jun 2018 11:00 WIB

Toilet Umum Kotor, Sebaiknya Tetap Pipis atau Ditahan Saja Ya?

Nabilla Nufianty Putri - detikHealth
Kebelet pipis saat dalam perjalanan jauh sering dihadapkan pada toilet umum yang tidak bersih (Foto ilustrasi: Eko Susanto/detikcom) Kebelet pipis saat dalam perjalanan jauh sering dihadapkan pada toilet umum yang tidak bersih (Foto ilustrasi: Eko Susanto/detikcom)
Jakarta - Lebaran sebentar lagi, persiapan mudik dilakukan, asupan makanan dan kondisi fisik sudah dijaga. Kendaraan juga sudah dicek. Tetapi saat perjalanan, mendadak ingin buang air kecil dan toilet yang ditemui kotor. Sebaiknya tetap pipis atau ditahan ya?

Memaksakan diri pipis di toilet yang tidak bersih tentu berisiko, bisa saja tertular infeksi. Tetapi menahan pipis juga bukan hal yang dianjurkan oleh para pakar kesehatan.

"Kalo memang jorok sebaiknya boleh tunda pipis tetapi tidak bisa lama-lama, maksimal 30 menit," saran dr Akbari Wahyudi Kusumah, SpU, ahli urologi dari RS Mayapada saat dihubungi detikHealth.



Kebersihan toilet sangat penting terutama pada wanita, karena bersentuhan langsung dengan closet yang akan diduduki. Jika tidak dibersihkan terlebih dahulu akan berdampak pada iritasi hingga infeksi kencing. Hal tersebut berlaku hanya untuk closet duduk, sedangkan toilet dengan closet jongkok tidak berdampak seperti closet duduk.

"Yang jelas iritasi di kulit bila duduk di toilet yang kotor dan bisa juga kena infeksi kencing," kata dr Akbari.

Nah, bagaimana dengan perjalanan mudik kalian? Kalau kebelet pipis di jalan dan tidak menemukan toilet yang bersih, pilih menahan atau apa yang dilakukan?

(up/up)
News Feed