Jumat, 08 Jun 2018 13:45 WIB

Kebelet Saat Mudik, Maksimal Berapa Lama Boleh Menahan Pipis?

Nabilla Nufianty Putri - detikHealth
Mobil toilet VVIP yang berada di Rest Area sementara Koripan, Susukan, Kabupaten Semarang. (Foto: Eko Susanto/detikcom) Mobil toilet VVIP yang berada di Rest Area sementara Koripan, Susukan, Kabupaten Semarang. (Foto: Eko Susanto/detikcom)
Jakarta - Perjalanan mudik pastinya berisiko terjebak kemacetan. Ada kalanya ingin buang air besar, tetapi belum bisa menemukan toilet umum. Atau ada toilet, tetapi kebersihannya kurang meyakinkan. Mau tidak mau, beberapa orang pilih menahan pipis.

Terlebih jika macetnya panjang, bisa jadi berjam-jam untuk menahannya. Menahan pipis memang tidak baik, tetapi kadang tidak terhindarkan. Adakah batas maksimal menahan buang air?

"Sebaiknya menahan pipis 30 menit sampai 1 jam itu sudah maksimal," kata dr Akbari Wahyudi Kusumah, SpU, dokter urologi dari RS Mayapada.



Tetapi perlu diingat, menahan buang air jangan dilakukan terlalu sering. Bahaya jangka pendek memang tidak ada, hanya rasa tidak nyaman yang bisa mengganggu konsentrasi mengemudi. Tetapi kalau terlalu sering dilakukan, bisa menimbulkan dampak jangka panjang.

"Bahaya sih tidak, tapi akan menimbulkan banyak penyakit kencing di kemudian hari," ujar dr Akbari.




Apa ya penyebab sering pipis? Saksikan dalam video berikut:

[Gambas:Video 20detik]



(up/up)