Sabtu, 09 Jun 2018 11:40 WIB

Saat Macet, Buka Jendela atau Nyalakan AC? Ini Saran Menteri Kesehatan

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Macet di jalan saat mudik, sebaiknya turunkan jendela saja atau pakai AC? (Foto: Eva Safitri/detikcom) Macet di jalan saat mudik, sebaiknya turunkan jendela saja atau pakai AC? (Foto: Eva Safitri/detikcom)
Jakarta - Saat mudik dengan kendaraan pribadi, biasanya ada yang terus menggunakan AC dan ada juga yang lebih memilih membuka jendelanya. Menkes Nila F Moeloek menyebutkan hal tersebut bukan masalah asal ingat untuk beristirahat tiap dua jam.

"Yang penting istirahat tiap dua jam ya. Karena AC juga penguapannya tinggi kan, nah bikin mata juga kering. Jadi gunakan tetes mata untuk menghindari hal tersebut," kata Nila di kantor Kemenkes RI.

Ditjen Pelayanan Kesehatan dr Bambang Widodo juga menyebutkan setidaknya beristirahat selama sepuluh menit dalam dua jam tersebut. Ia menyebut waktu itu cukup berharga dan jika ada masalah segera manfaatkan pos kesehatan terdekat.



"Sistem pendingin sekarang saya rasa udah cukup bagus ya. Kalau mobil mobil lama perlu dicek sepertinya. Tapi tidak ada efek kesehatan dengan memakai AC berjam-jam," tuturnya.

Sementara, jika terjebak macet, dr Agus Dwi Susanto SpP(K) dari Departemen Pulmonologi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia menyarankan untuk membuka jendela tiap 1 jam selama 5 hingga 10 menit agar CO2 keluar dari kabin mobil dan tidak menutup jendela pada mobil yang tidak ber-AC.

(frp/up)
News Feed