Minggu, 10 Jun 2018 04:21 WIB

Ratu Elizabeth Sukses Melakukan Operasi Katarak

Firdaus Anwar - detikHealth
Katarak banyak ditemukan pada lansia (Foto: thinkstock) Katarak banyak ditemukan pada lansia (Foto: thinkstock)
Jakarta - Bangsawan atau orang biasa, pada akhirnya semua orang hanya manusia biasa. Termasuk juga Ratu Inggris Elizabeth II yang di usia 92 tahunnya mulai mengalami berbagai kondisi kesehatan karena penyakit degeneratif.

Salah satunya adalah katarak seperti yang diungkapkan oleh juru bicara istana. Dirinya mengatakan Ratu Elizabeth telah sukses melakukan operasi katarak sekitar bulan Mei di Rumah Sakit King Edward VII.



"Saya bisa mengkonfirmasi bahwa Ratu berhasil mengikuti operasi katarak singkat yang sudah direncanakan bulan lalu," ujarnya seperti dikutip dari BBC, Sabtu (9/6/2018).

Operasi katarak biasanya berlangsung singkat hanya sekitar 30 menit. Pasien bisa langsung pulang sehabis operasi namun mungkin butuh obat tetes dan kacamata selama sekitar empat minggu untuk melindungi matanya yang masih sensitif.

Ratu Elizabeth sendiri dalam beberapa acara publik terlihat menggunakan kacamata hitam.

Pada Juli tahun 1995 ibu dari Ratu Elizabeth juga diketahui pernah menjalani operasi katarak di usia 94 tahun. Sejarah keluarga dapat berkontribusi terhadap peningkatan risiko katarak di seluruh anggota keluarga kerajaan Inggris.

(fds/up)
News Feed