Minggu, 10 Jun 2018 15:10 WIB

Mengenang Pesan-Pesan Jupe Agar Wanita Tak Kena Kanker Serviks

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Semasa hidupnya, Julia Perez cukup aktif untuk menyebarkan awareness mengenai kanker serviks.  Foto: Dok. detikHOT Semasa hidupnya, Julia Perez cukup aktif untuk menyebarkan awareness mengenai kanker serviks. Foto: Dok. detikHOT
Jakarta - Julia Perez alias Jupe, disebut telah berjuang selama bertahun-tahun melawan kanker serviks atau kanker leher rahim. Ia meninggal dunia tepat setahun yang lalu di usia 36 tahun.

Semasa hidupnya, almarhumah yang bernama asli Yulia Rachmawati ini cukup aktif untuk menyebarkan awareness mengenai kanker serviks yang diidapnya. Nama kanker serviks memang tak cukup tenar di kalangan wanita Indonesia, padahal kanker ini menempati peringkat kedua yang sering ditemukan pada wanita di Indonesia.

"Ada beberapa pasien kanker yang pernah ketemu saya dan nggak berobat. Bilangnya lihat nanti aja atau gimana ntar. Eh ibu-ibu, jangan lihat gimana ntar! Makin cepat diperiksa, makin baik!" ucap almarhumah Jupe dengan gaya khasnya, beberapa waktu lalu pada sebuah acara.



Ketika itu, dengan duduk di kursi roda Jupe menceritakan pada awalnya, ia didiagnosis mengidap kanker serviks stadium 1B. Saat itu, ia yang tak tahu menahu mengenai kanker serviks tetap menyibukkan diri setelah berobat ke Singapura.

"Saya tahunya ya lewat berobat, radioterapi, kemoterapi. Saya berobat di Singapura dan waktu itu dibilang sembuh," tambahnya.

Kesibukan tiada henti membuatnya rentan stres, yang ternyata bermanifestasi ke munculnya kembali penyakit kanker serviks yang dimilikinya. Setelah memeriksakan diri ke dokter, diketahui penyakit kanker serviks Jupe sudah memasuki stadium 4. Ia pun kini rutin menjalani pengobatan di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo.

Jupe selalu berpesan kepada semua wanita di Indonesia, khususnya remaja putri, untuk menjaga kesehatan jiwa dan jangan sampai stres. Usahakan untuk selalu bercerita kepada sahabat jika ada masalah, atau cari cara lain untuk membunuh rasa stres tersebut agar tidak jadi penyakit.

"Saya ingin kalian semua tidak mengalami apa yang saya alami, jangan kena seperti saya. Cek selalu organ kewanitaan kalian," tandas almarhumah Jupe.






Tonton juga 'Bahaya Kanker Serviks yang Renggut Nyawa Jupe!':

[Gambas:Video 20detik]

(frp/up)
News Feed