Senin, 11 Jun 2018 09:32 WIB

Biasa Makan Tidak Sehat Tubuh Jadi Beradaptasi?

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Biasa jajan sembarangan tubuh akan beradaptasi? Foto: Detikfood Biasa jajan sembarangan tubuh akan beradaptasi? Foto: Detikfood
Jakarta - Mentang-mentang sedang berpuasa jadi kalap membeli dan menyantap semua menu yang ada di atas meja. Tapi cek dulu coba, apakah makanan yang kamu konsumsi sudah cukup sehat?

"Ah, kalau biasa makan yang tidak sehat lama-lama juga biasa kok," kata si A sambil menyantap gorengan yang baru saja ia beli di pinggir jalan, tanpa ditutup dan bisa terpapar oleh debu jalanan.

Waduh, memangnya benar seperti itu ya?


"Tubuh kita mesin yang ajaib ya, jadi memang bisa menyesuaikan diri dengan kebiasaan sehari-hari. Tetapi perlu diingat, tubuh kita juga punya batasan misalnya terhadap mikroorganisme. Kalau mikroorganismenya awalnya sedikit, sedikit, menjadi banyak. Kalau sudah menjadi banyak tentunya, tubuh menjadi tidak kuat, maka ia akan tetap menjadi sakit," jelas Dr Rahmawati, Wakil Dekan Fakultas Teknologi Pangan Universitas Sahid Jakarta kepada detikHealth beberapa waktu lalu.

Kalau sudah terlanjur, coba deh untuk lebih memperhatikan komposisi gizi dan sanitasi dari makanan yang kita konsumsi setiap harinya. Dr Rahmawati juga mengingatkan untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat, lemak, protein, vitamin, dan juga mineral sesuai panduan 4 sehat 5 sempurna atau piring makanku.

Jadi, sebisa mungkin ya untuk tetap selalu memperhatikan keamanan serta kebersihan makanan yang kita asup sehari-hari. Kamu tentunya pengin kan untuk tetap sehat sampai tua nanti?

[Gambas:Video 20detik]

(ask/up)
News Feed