Selasa, 12 Jun 2018 07:10 WIB

Demi Kesehatan Jiwa, Simon Cowell Tak Lagi Gunakan Ponsel

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Simon Cowell mengaku lebih bahagia ketika lepas dari telepon genggamnya. Foto: Alberto E. Rodriguez/Getty Images Simon Cowell mengaku lebih bahagia ketika lepas dari telepon genggamnya. Foto: Alberto E. Rodriguez/Getty Images
Jakarta - Simon Cowell, juri American Idol dan penggagas X Factor, mengaku sudah lepas dari ponsel selama lebih dari 10 bulan. Dampaknya, Cowell mengaku kesehatan jiwanya lebih terjaga, dan ia lebih bahagia.

"Ini sangat baik untuk kesehatan jiwaku. Aku tak pernah lagi pegang ponsel, dan aku tak merindukannya," ungkap Simon dalam wawancara dengan Daily Mail.

Simon mengatakan tanpa ponsel, ia bisa lebih menghargai orang-orang di sekelilingnya. Dengan begitu, perbincangan tak lagi sekadar basa-basi, dan ikatan emosional lebih mudah terjalin.

"Pengalaman yang aneh memang, pada awalnya. Tapi percayalah ini baik untukmu," ungkapnya lagi.


Hubungan antara ponsel dan kejiwaan sudah pernah diteliti sebelumnya. Dua studi yang dilakukan oleh para peneliti di University of Essex menemukan bahwa keberadaan ponsel dapat mengganggu emosi secara negatif.

Hasilnya setelah berbincang selama 10 menit responden yang berada pada ruangan tanpa ponsel melaporkan merasa lebih dekat dengan lawan bicaranya. Sementara itu responden yang berada pada ruangan dengan smartphone berbincang namun sambil terdistraksi.

"Hasil ini mendemonstrasikan bahwa hadirnya telepon seluler dapat memengaruhi hubungan antar manusia. Efek ini terlihat lebih jelas ketika individu berbincang mengenai topik personal yang bermakna," tulis peneliti.

(mrs/up)
News Feed