Selasa, 12 Jun 2018 14:51 WIB

Ini Nutrisi yang Harus Dipenuhi Si Kecil Saat Masa Pertumbuhan

Akfa Nasrulhaq - detikHealth
Foto: shutterstock Foto: shutterstock
Jakarta - Sebuah survei membuktikan bahwa ibu-ibu di Indonesia ingin Si Kecil tumbuh optimal, cerdas, dan sehat atau tidak gampang sakit. Maka dibutuhkan nutrisi saat masa pertumbuhan yang bisa mendukung kecerdasan otak, daya tahan tubuh, dan tumbuh optimal.

Head of Medical Kalbe Nutritionals, dr Muliaman Mansyur, mengungkapkan faktor yang tak kalah penting untuk mendukung kecerdasan Si Kecil di luar lingkungan dan pola asuh adalah faktor terjaminnya nutrisi Si Kecil. Misalnya Si Kecil harus rutin diberi susu karena merupakan nutrisi yang baik bagi perkembangan kecerdasannya.

"ASI, MPASI yang pas waktu dan bagus komposisinya serta nutrisi yang diberikan selama usia pertumbuhan dan perkembangan. Terutama lima tahun pertama kehidupan," jelasnya.


Jika anak kekurangan nutrisi, lanjutnya, dalam jangka pendek Si Kecil bisa mudah sakit dan mungkin kurus. Selain itu, faktor kekurangan nutrisi juga akan berpengaruh pada masa depan Si Kecil ketika dewasa.

"Jika anak kekurangan nutrisi, jangka panjangnya mungkin anak akan kekurangan zat nutrisi tertentu seperti gangguan perkembangan kecerdasaan, gangguan pertumbuhan seperti anak gagal tumbuh atau jadi pendek, serta kemungkinan penyakit degenaratif pada masa depannya," papar dr Muliaman.

dr Muliaman merekomendasikan dua tipe nutrisi, yaitu nutrisi makro dan nutrisi mikro. Nutrisi makro yang dimaksud adalah seperti karbohidrat (nasi, roti, mi, dan tepung) dan protein termasuk daging, ikan, kacang-kacangan, serta telur.

Selain itu, Si Kecil juga membutuhkan lemak yang terdiri dari kacang-kacangan, kuning telur, lemak daging, dan lemak ikan. Sementara kebutuhan nutrisi mikro bisa dipenuhi melalui vitamin dan mineral.

"Kalau spesifik untuk perkembangan kecerdasan otak di samping itu jika dijabarkan maka otak anak memerlukan AA DHA, omega3, omega 6, fosfolipid, kolin, prebiotik, laktoferin, dan alfa laktalbumin," jelasnya.

Nutrisi berupa omega 3 dan omega 6 sangat penting untuk Si Kecil karena merupakan asam lemak esensial yang berfungsi meneruskan rangsangan antar sel syaraf untuk mempercepat daya tangkap. Sementara alfa laktalbumin bisa membantu perkembangan dan memperbaiki jaringan tubuh Si Kecil


Lalu asupan kolin bermanfaat untuk membantu penyimpanan memori/daya ingat, kemampuan berpikir, bergerak serta berbicara Si Kecil. Diperlukan juga zat besi untuk meningkatkan konsentrasi dalam proses belajar Si Kecil.

Sementara untuk pertahanan tubuh, Si Kecil membutuhkan laktoferin yang berperan untuk melawan infeksi dalam tubuh sehingga Si Kecil tidak mudah sakit serta prebiotik agar tidak mudah diare dan bisa memperbaiki penyerapan nutrisi dengan lebih baik.

Kandungan tersebut bisa didapatkan pada susu pertumbuhan dengan formula platinum, seperti susu Morinaga Chil Kid (untuk usia 1-3 tahun) dan Morinaga Chil School (untuk usia 3 tahuh ke atas). (ega/up)
News Feed