Selasa, 12 Jun 2018 19:21 WIB

Saran Dokter Saat Tanda-Tanda Microsleep Mulai Ganggu Perjalanan Mudik

Nabilla Nufianty Putri - detikHealth
Ilustrasi macet mudik (Foto: Wisma Putra) Ilustrasi macet mudik (Foto: Wisma Putra)
Jakarta - Kondisi prima harus dipersiapkan saat perjalanan mudik, terlebih jika menempuh perjalanan yang jauh. Sesekali istirahat untuk melepas lelah bahkan ngantuk juga perlu lho.

Mengantuk juga salah satu tanda orang mengalami microsleep yang tidak boleh disepelekan. Yuk kenali tanda-tanda microsleep dan saran jika mulai mengalami gejalanya.

Kepada detikHealth dr Andreas Prasadja, pakar kesehatan tidur dari RS Mitra Kemayoran, menjelaskan tanda-tanda seseorang mengalami microsleep. Di antaranya konsentrasi sudah mulai hilang bahkan sudah mulai menguap-nguap.

"Tanda-tanda orang mengalami microsleep sering menguap-nguap, mengalami reflek buruk saat berkendara, kepala mulai bersandar di head rest, ceroboh, tidak hati-hati," ujar dokter yang akrab disapa dr Ade tersebut.



Jika sudah mengalami tanda-tanda microsleep jangan menunda-nunda untuk istirahat, mengingat dampak yang ditimbulkan sangat berbahaya yaitu bisa mengalami kecelakaan.

"Kemampuan berkendara hanya dibangun saat tidur, jika perjalanan jauh meminum minuman berenergi dan kafein tidak ada gunanya. Otak yang sudah lelah tidak akan terbantu (minuman tersebut)," ujar dr Ade.

Sebaiknya yang dilakukan adalah istirahat, meminggirkan kendaraan kemudian minum kopi dan langsung tidur selama 20 menit. Kafein mulai bekerja setengah jam setelah dikonsumsi, tepat ketika seseorang terjaga dari tidur singkatnya tersebut. Jadinya efek yang didapat akan berlipat, efek istirahat yang diperkuat dengan efek kafein.

dr Ade menyebut teknik ini sebagai 'power nap'.

(up/up)
News Feed
googletag.defineSlot('/4905536/detik_desktop/health/medium_rectangle2', [300, 250], 'div-gpt-ad-1534248323665-0').setTargeting('pos', ['medium_rectangle2']).addService(googletag.pubads());