Kamis, 14 Jun 2018 10:15 WIB

Ini Alternatif Asupan Kalsium Bagi yang Tak Bisa Minum Susu

Tia Reisha - detikHealth
Foto: Shutterstock Foto: Shutterstock
Jakarta - Meskipun susu dikenal penting untuk memenuhi kebutuhan kalsium dan mineral, faktanya tidak semua orang bisa minum susu karena intoleransi laktosa atau alergi terhadap susu. Padahal kebutuhan kalsium tetap harus dipenuhi karena berfungsi untuk menjaga kepadatan tulang dan gigi.

Medical Officer Kalbe, dr Claudia Anggi Citra Putri, mengungkapkan jika seorang penderita intoleransi laktosa tidak menggantikan susu dengan makanan dan minuman lain yang menjadi sumber kalsium, vitamin D, dan protein, kondisi ini akan membawa dampak serius dalam jangka panjang.

"Kalsium, vitamin D, dan protein merupakan elemen yang penting untuk membentuk postur tubuh dan menjaganya. Kalsium dan vitamin D berperan untuk pembentukan tulang pada masa tumbuh kembang dan menjaga kepadatan tulang pada remaja hingga lansia. Sedangkan protein merupakan elemen makronutrisi yang penting untuk regenerasi sel dan pembentukan massa otot," ujar dr Anggi kepada detikHealth.


dr Anggi menjelaskan jika seseorang kekurangan tiga elemen tersebut dalam jangka panjang jika terjadi pada masa pertumbuhan, maka anak berisiko mengalami stunting. Sedangkan jika asupan ini tidak terpenuhi selama masa remaja hingga lansia, maka orang tersebut berisiko menderita kerapuhan tulang dan massa otot rangka yang buruk yang berefek pada postur tubuh yang kurang baik.

Adapun asupan alternatif untuk pemenuhan kalsium yang bisa dikonsumsi di antaranya biji-bijian, kacang-kacangan, yogurt, keju, ikan, dan sayuran hijau.

"Beberapa jenis sayuran seperti bayam dan kale dapat menjadi alternatif sayuran untuk membantu mencukupi kebutuhan kalsium. Selain itu, kacang-kacangan seperti kedelai dan olahannya dan edamame juga bisa menjadi pilihan," ujar dr Anggi.

Seperti dilansir dari Bold Sky, almond yang kaya kalsium juga menjadi salah satu asupan terbaik untuk pengganti susu. Bahkan almond yang mengandung magnesium, kalium, antioksidan, dan vitamin E, dapat membantu dalam pencernaan makanan dan melawan kerusakan akibat radikal bebas.


Pemenuhan kebutuhan kalsium juga bisa didapatkan dengan rutin mengonsumsi Xon-Ce Drink, minuman ready to drink pertama di Indonesia yang mengkombinasikan kalsium laktat glukonat, vitamin D, dan C. Sehingga kalsium tidak mengendap dan bisa diserap tubuh dengan mudah. (idr/idr)
News Feed