Jumat, 15 Jun 2018 12:15 WIB

Kata Psikolog Ketika Momen Lebaran Terganggu oleh Gadget

Nabilla Nuri - detikHealth
Hal yang terjadi ketika momen Lebaran terganggu oleh gadget/Foto: thinkstock Hal yang terjadi ketika momen Lebaran terganggu oleh gadget/Foto: thinkstock
Jakarta - Saat lebaran merupakan momen kebersamaan untuk keluarga maupun keluarga besar, istilahnya sih 'family time'. Hal tersebut untuk memperkuat tali silahturahmi sesama saudara dan juga tetangga sekitar.

Tapi, jika pada momen itu ada orang yang melakukan phubbing bagaimana yah? Sebelum itu mari kenali ciri-ciri orang yang melakukan phubbing menurut psikolog.

Dalam artikel sebelumnya, psikolog Bona Sardo M.Psi dari Universitas Indonesia kepada detikHealth menjelaskan bahwa phubbing adalah aktivitas yang dilakukan seseorang dengan gadget ketika sedang bersama orang lain.



Talissa Carmelia., M.Psi., Psikolog dari Personal Growth, menyampaikan pendapat yang kurang lebih serupa.

"Phubbing itu sendiri adalah suatu perilaku menghiraukan orang di lingkungan sosialnya karena sibuk menggunakan atau mengecek handphonenya," ujar Talissa.

Soal ciri-cirinya, Talissa memaparkan sebagai berikut:

1. Selalu membawa dan sibuk mengecek handphone saat di luar rumah misalnya pergi makan di restoran, jalan di mal, di kelas atau ketika berkendara.
2. Terlalu fokus pada handphone sehingga tidak memperdulikan apa yang terjadi di lingkungan dan orang di sekitar Anda.
3. Tidak tertarik untuk menjalin hubungan dengan orang di sekitarnya.
4. Menjadi cemas ketika tidak membawa handphone keluar rumah.

Nah, sudah tahu kan ciri-ciri phubbing? Apakah kalian ada yang termasuk di antara ciri-ciri tersebut?

(up/up)
News Feed