Jumat, 15 Jun 2018 15:35 WIB

Tergoda Memainkan Gadget Saat Kumpul Keluarga? Ini Saran Psikolog

Nabilla Nuri - detikHealth
Niat dan kontrol diri penting untuk menahan diri dari sibuk sendiri dari gadget/Foto: GettyImages/Matthew Lloyd Niat dan kontrol diri penting untuk menahan diri dari sibuk sendiri dari gadget/Foto: GettyImages/Matthew Lloyd
Jakarta - Lebaran sebenarnya merupakan salah satu momen untuk bersilahturahmi dengan kerabat, baik muda maupun tua. Tetapi tidak sedikit anak zaman sekarang yang sibuk dengan gadgetnya hingga disebut sebagai 'generasi merunduk'.

Agar tidak dikatakan sebagai 'generasi merunduk' oleh para kerabat saat lebaran, ada baiknya mendengarkan nasihat dari psikolog satu ini.



"Niat dan kontrol diri penting untuk menahan diri dari sibuk sendiri dari main handphone. Jika memang suntuk, Anda dapat mengambil waktu sebentar untuk mencari udara segar di luar, atau tidak apa-apa untuk mengecek handphone sebentar, yang terpenting tidak terlarut dengan gadget," ujar Kantiana Taslim., M.Psi., Psikolog dari Personal Growth.

Kantiana juga menegaskan untuk menetapkan niat bahwa acara kumpul-kumpul lebaran merupakan salah satu momen untuk mempererat kedekatan dan menunjukan kasih sayang Anda kepada keluarga, termasuk pada sesepuh yang ditemui.

Selain itu, Kantiana juga menambahkan jika fokus mendengarkan dengan dan mengobrol dengan para kerabat tersebut merupakan salah satu bentuk respek juga kepada mereka.

(up/up)