Sabtu, 16 Jun 2018 14:50 WIB

Berlari di Pantai, Manfaat Sehatnya Bisa Lebih Banyak Lho!

Firdaus Anwar - detikHealth
Manfaat sehat berlari di pantai/Foto: Thinkstock Manfaat sehat berlari di pantai/Foto: Thinkstock
Jakarta - Lari termasuk jenis olahraga sederhana yang bisa dilakukan kebanyakan orang. Manfaatnya beragam dengan ahli menekankan lari sebagai cara efektif untuk membakar ekstra kalori dan menjaga kesehatan jantung.

Terkait hal tersebut kalau kamu berada di dekat pantai, ahli menyarankan agar memanfaatkan kesempatan itu untuk olahraga lari. Alasannya karena ada berbagai manfaat kesehatan yang bisa diperoleh dibandingkan bila berlari di atas aspal atau tanah biasa.

Ahli ortopedi Dr Kelton Vasileff dari The Ohio State University menjelaskan permukaan pasir yang tidak rata bisa memaksa seseorang untuk menggunakan otot-otot ekstra seperti pada pergelangan kaki dan perut. Kalori yang dibakar juga jadi lebih banyak.



"Lari di pantai dapat lebih bermanfaat. Jelas rasanya berbeda dibandingkan lari di trotoar, trak, atau tempat lain dengan permukaan yang halus," kata Dr Kelton seperti dikutip dari Live Science, Sabtu (16/6/2018).

Manfaat lainnya juga pasir dapat berfungsi sebagai peredam beban. Ketika kaki berpijak sebagian beban dapat diserap oleh pasir sehingga hal ini menurut studi yang dipublikasi di jurnal Sports Sciences 2013 dapat mengurangi kerusakan pada jaringan otot sehabis olahraga.

Studi yang dipublikasi di jurnal Sport Science 2017 lebih jauh menyebutkan bahwa wanita yang berlari dapat memiliki lebih sedikit mioglobin saat berlari di pantai dibandingkan di rumput. Mioglobin adalah protein yang bisa jadi tanda adanya inflamasi pada otot.

(fds/up)
News Feed