Selasa, 19 Jun 2018 08:06 WIB

Sebelah Payudara Anak Laki-laki Ini Tumbuh, Dokter Kaitkan dengan Fast Food

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Seorang remaja asal China menjalani masktektomi akibat payudaranya yang tumbuh. Dokter menyebut ini dikarenakan kebiasaan makan junkfood si anak tersebut. Foto: thinkstock Seorang remaja asal China menjalani masktektomi akibat payudaranya yang tumbuh. Dokter menyebut ini dikarenakan kebiasaan makan junkfood si anak tersebut. Foto: thinkstock
Jakarta - Seorang anak lelaki, sebut saja 'Xiao Fang' menjalani mastektomi untuk menghilangkan payudara dengan ukuran cup A. Anak laki-laki berusia 13 tahun ini mulai mengalami pertumbuhan jaringan payudara yang dipercaya karena hormon yang tidak seimbang.

Nah, para dokter di Zhejiang Wenzhou Central Hospital, Cina, memperkirakan hal ini terjadi karena bahan kimia yang ada pada makanan cepat saji. Kejadian ini berlangsung di tahun 2017, namun pertumbuhan payudara sebelah kanan anak lelaki ini sudah dirasakan semenjak tujuh tahun yang lalu.

"Sisi kanan tubuh pasien menyerupai wanita, sedangkan sebelah kiri (menyerupai) pria," kata Kepala Bagian Pengobatan Pan Zhongliang pada Qianjiang Evening Post, seperti dilaporkan oleh Daily Mail.



Kondisi ini dikenal dengan nama gynecomastia atau pembesaran pada jaringan dada pada pria dan ini dikaitkan dengan hormon estrogen dan testosteron yang tidak seimbang. Biasanya dialami oleh bayi yang baru lahir, anak laki-laki menjelang masa pubertas, atau pada orang tua karena pengaruh perubahan kadar hormon.

Makanan tertentu sebagai contoh, diet tinggi lemak atau tinggi karbohidrat (misalnya kue kering atau kentang goreng) dapat menyebabkan masalah hormon yang tidak seimbang.

Obat-obatan juga dapat mempengaruhi pertumbuhan jaringan payudara pada pria. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal American Family Physician menemukan hingga 25 persen kasus gynecomastia disebabkan oleh obat-obatan semisal antipsikotik, obat kolesterol, perawatan rambut rontok, serta steroid anabolik. Demikian dikutip dari Medical Daily.





Tonton juga 'Linda Gumelar dan Melly Goeslaw Bercerita Soal Kanker Payudara':

[Gambas:Video 20detik]

(ask/up)
News Feed