Jumat, 22 Jun 2018 07:12 WIB

Piala Dunia 2018

Lionel Messi Pernah Mengidap Gangguan Hormon, Pertumbuhan Terhambat

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Lionel Messi Pernah Mengidap Gangguan Hormon, Pertumbuhan Terhambat. Foto: Getty Images Lionel Messi Pernah Mengidap Gangguan Hormon, Pertumbuhan Terhambat. Foto: Getty Images
Jakarta - Siapa yang tak pernah tahu nama Lionel Messi? Namanya bahkan sudah tercatat dalam sejarah sepakbola dunia sebagai salah satu pemain terbaik, dan ia tampil ke-empat kalinya pada Piala Dunia 2018 ini.

Rupa-rupanya, sang superstar ini pernah mengalami masalah kesehatan saat kecil. Pada usia 11 tahun, Messi didiagnosis mengidap growth hormone deficiency atau defisiensi hormon pertumbuhan.

Menurut Mayo Clinic, growth hormone deficiency merupakan kondisi medis yang disebabkan karena kekurangan hormon pertumbuhan. Hormon ini diproduksi oleh kelenjar seukuran kacang yang disebut kelenjar pituitari di otak.

Kelenjar ini bertanggung jawab untuk menjaga keseimbangan hormon dalam tubuh kita, dan juga memproduksi hormon pertumbuhan yang tentu saja penting bagi pertumbuhan kita. Akibatnya, Messi bertubuh lebih pendek ketimbang kawan-kawannya.

"Aku harus mengikuti pengobatan untuk membantuku bertumbuh. Tiap malam aku harus menusukkan jarum ke tungkaiku, dan malam-malam setelahnya, tiap hari dalam seminggu dan ini dilakukan dalam periode tiga tahun," tutur Messi, dikutip dari Telegraph.


Messi menyebut tubuhnya sangat kecil, bahkan sampai dijuluki si mungil. Hingga akhirnya ia menyelesaikan pengobatan tersebut dan mulai tumbuh secara normal.

Pihak Barcelona yang merekrutnya kala itu menanggung seluruh biaya medis Messi yang berusia 13 tahun. Hal ini juga disebabkan kondisi finansial keluarganya yang tak mampu menanggung biaya pengobatan tersebut.

Meski penyakit Messi yang satu ini cukup diketahui khalayak luar, ada satu lagi masalah kesehatan yang jarang diketahui. Beberapa waktu lalu, kapten tim Argentina pada Piala Dunia 2018 ini dikabarkan mengidap sindrom Asperger's dan autistik ringan saat berusia 8 tahun.

Sindrom Asperger's merupakan sebuah gangguan di mana seseorang berinteraksi secara berbeda dengan orang lain dan bisa mengalami kesulitan pada situasi sosial. Kadang-kadang, orang-orang tersebut dapat memiliki sebuah talenta yang luar biasa pada bidang tertentu.

Di balik masalah tubuhnya yang sempat 'mungil', kejeniusan Messi dalam bermain sepakbola tak dapat diragukan. Barcelona bahkan menjulukinya sebagai 'el pequeño mudito' atau 'si mungil pendiam' karena sikapnya yang jarang berinteraksi dengan rekan se-timnya.

Nah, pada Kamis (21/6/2018) malam ini, sang superstar tim Argentina ini akan unjuk kebolehannya di babak penyisihan grup Piala Dunia 2018. Apakah kamu menjagokan Lionel Messi?



Ini video Ramai-ramai Bela Messi (frp/up)
News Feed