Jumat, 22 Jun 2018 16:34 WIB

Masih Lajang di Usia 31 Seperti Lee Min Ho? Ini Kata Psikolog

Nabilla Nufianty Putri - detikHealth
Ganteng, matang, tapi Lee Min Ho masih saja melajang (Foto: Instagram) Ganteng, matang, tapi Lee Min Ho masih saja melajang (Foto: Instagram)
Jakarta - Di usianya yang kini menginjak umur 31 Tahun, Lee Min Ho masih saja melajang sejak putus dengan aktris bernama Suzy. Bahkan sang mantan kabarnya saat ini sudah memiliki kekasih baru.

Di usia yang terhitung matang tersebut, umumnya banyak yang akan bertanya mengapa masih lajang. Sebenarnya di usia yang matang tersebut tekanan apa saja yang bisa dialami seseorang ketika memilih untuk tetap melajang?

"Sangat cultural specific. Kalo di Indonesia memang lebih muda usia nikahnya. Tapi jangan salah, ternyata jumlah lajangnya pun meningkat dari tahun ke tahun," ujar Karel Karsten Himawan, psikolog dari Fakultas Psikologi Universitas Pelita Harapan.



Menurut Karel, tekanan pada laki-laki yang melajang biasa tekanannya lebih sedikit dari pada perempuan. Ini berlaku universal, nyaris di semua tempat berlaku demikian.

Jika untuk laki-laki, biasanya isunya lebih ke sputar pemuasan kebutuhan seksual, karena budaya dan sistem hukum yang umumnya tidak mengakui adanya hubungan lain di luar pernikahan (seperti de facto). Walau ada beberapa juga yang tertekan karena ditanya-tanya tentang nikah terus.

Karel juga menambahkan bahwa pada perempuan tekanan sosialnya dirasa lebih besar karena perempuan yang tidak menikah kerap mendapat stigma negatif.

"Perawan tua, ga laku, terlalu pemilih, karma, dan lain-lain. Sementara jika buat laki-laki malah diasosiasikan lebih positif, seperti mempersiapkan keluarga supaya mapan masa depannya dan lain-lain," ujar Karel.

(up/up)
News Feed