Jumat, 29 Jun 2018 09:00 WIB

Spons Koral Percepat Penyembuhan Luka Nantinya Bisa Dibeli Massal

Widiya Wiyanti - detikHealth
Spons koral hasil penelitian mahasiswa UGM. Foto: Dok. Oktika
Jakarta - Terobosan yang dibuat oleh tiga mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Gadjah Mada, Oktika Nur Anisa, Atha Yuska Irfani, dan Imroatul Maghfiroh bisa menjadi salah satu hal yang akan kita butuhkan nantinya.

Mereka mengembangkan spons koral buatan yang berfungsi untuk mempercepat penyembuhan luka. Oktika menyebutkan bahwa saat ini, spons koral masih dalam tahap percobaan in vivo pada luka pasca operasi.

"Pada penelitian kami baru diuji cobakan pada luka pasca operasi karena luka pasca operasi akan membutuhkan waktu yang tidak sebentar," ujarnya kepada detikHealth.


Spons koral buatan ini diharapkan lolos uji klinis pada manusia dan dapat diproduksi massal dan diperjualbelikan di pasaran. Sehingga bukan hanya institusi kedokteran, namun masyarakat awam juga bisa menggunakannya sesuai dengan kebutuhan.

"Pastinya dengan mudah dapat dibeli dan menggunakan karena spons koral ini dapat dibentuk sesuai bentuk luka sehingga luka tercover oleh spons," tutur Oktika.

Untuk menggunakan spons koral ini tidak perlu didampingi oleh praktisi nantinya, cukup dengan menempelkannya pada luka dengan diperkuat oleh plaster agar tidak lepas.

Keunggulan spons ini adalah bisa diserap oleh tubuh sehingga tidak perlu dilepas lagi. Bentuk spons pun bisa menyesuaikan dengan lebarnya luka sehingga bisa mempercepat pembekuan darah karena berbahan dasar kalsium karbonat.

(wdw/up)