Senin, 02 Jul 2018 14:39 WIB

Ribut-ribut Susu Kental Manis, Apa Saja Sih Kandungannya?

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Ilustrasi susu kental manis (SKM) yang dicampurkan ke teh. Foto: iStock
Jakarta - Susu Kental Manis (SKM) masih saja diperdebatkan karena disebut-sebut bikin obesitas. Berbagai tulisan yang di media sosial ramai-ramai menyatakan bahwa SKM tidak baik bagi kesehatan. Hmm sebenarnya apa sih kandungan dari SKM sendiri?

Kepada detikHealth, dr Titi Sekarindah, SpGK, dari Rumah Sakit Pusat Pertamina Kebayoran Baru menjelaskan mengenai susu kental manis dan juga kandungan yang ada di dalamnya.


Penggunaannya tidak rutin, ya sekali-kali. Untuk flavoring saja. Dikurangin saja kalau ada masalah diabetes,dr Titi Sekarindah, SpGK - Dokter Gizi
"Jadi susu kental manis itu adalah susu yang dihilangkan airnya kemudian ditambahin gula untuk pengawetnya itu sama lemak ya, jadinya kental sehingga dia gurih. Enak sih tapi ya kalau kebanyakan juga enggak baik," kata dokter yang akrab disapa dr Titi ini.

Ia menjelaskan dari 100 gram susu kental manis biasanya mengandung 320 kalori. Untuk lemak dan gulanya cenderung tinggi yakni 9 gram lemak per 100 gramnya dengan 5 gram lemak jenuh, dan gula sebanyak 54 gram per 100 gramnya.

"Sebagian besar itu kalorinya dari gula, kemudian di situ memang ada seperti susu ya natriumnya 127 mg, kemudian terus kalium 371 mg, terus ada vitaminnya sedikit lah vitamin A dan C. Kalsiumnya agak lumayan, 84 mg. Ada protein sedikit cuma 8 gram," ujarnya.



Tonton juga 'Kok Bisa Makan Banyak Tetep Kurus?':

[Gambas:Video 20detik]


Intinya boleh tidak nih minum susu kental manis?

"Penggunaannya tidak rutin, ya sekali-kali. Untuk flavoring saja. Dikurangin saja kalau ada masalah diabetes," kata dr Titi.

Selain menggunakan susu kental manis, dr Titi lebih menyarankan untuk menggunakan susu rendah lemak atau low-fat untuk campuran minuman seperti kopi misalnya sehingga mendapatkan jumlah protein yang lebih baik dan juga kandungan lemak yang lebih sedikit.

Ribut-ribut Susu Kental Manis, Apa Saja Sih Kandungannya?
(ask/up)