Rabu, 04 Jul 2018 12:18 WIB

5 Tips Sederhana untuk Jaga Kesehatan Mata

Christantio Utama - detikHealth
Foto: thinkstock Foto: thinkstock
Jakarta - Layar smartphone dan komputer yang kita lihat setiap harinya memiliki dampak buruk bagi kesehatan mata kita. Sinar ultraviolet yang dipancarkan oleh gadget tersebut rentan untuk merusak penglihatan jika mata tidak diistirahatkan sejenak.



Untuk itu terdapat beberapa tips mudah yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan mata. Berikut ini adalah tipsnya:

1. Jangan mengucek mata
Mengucek mata ketika mata Anda sedang gatal atau sakit akan menimbulkan beberapa masalah yang muncul dalam jangka panjang. Misalnya, gatal di mata yang berhubungan dengan alergi, mengucek mata hanya akan menambah rasa gatal terus menerus dan menimbulkan alergi yang lebih parah.

Sebaiknya gunakan obat tetes mata untuk meredakan gatal tersebut.

2. Gunakan kacamata anti ultraviolet
Kacamata anti ultraviolet memang terbukti dapat meredam tingkat kerusakan mata dari paparan cahaya monitor. Gunakan kacamata anti ultraviolet yang memiliki peredaman cahaya mencapai 99 persen agar perlindungan yang didapatkan maksimal.

3. Konsumsi buah dan sayur
Mengonsumsi wortel merupakan nutrisi terbaik bagi mata Anda, karena dalam wortel terdapat betakaroten yang mengandung vitamin A yang tinggi. Selain wortel macam-macam buah beri, bayam dan melon juga memiliki kandungan vitamin A yang bagus untuk melindungi mata.

4. Lakukan rileksasi ringan
Melihat layar monitor selama berjam-jam tentu akan mengurangi kemampuan melihat Anda secara perlahan. Lakukan rileksasi ringan pada mata Anda cukup dengan melihat objek lain di sekitar anda selama beberapa waktu setiap 20 menit. Hal tersebut dapat mengurangi kinerja beban mata.

5. Lepas lensa kontak ketika ingin tidur
Beberapa dari kita menggunakan kontak lensa untuk melihat benda yang sulit untuk dilihat. Tapi ada satu hal penting yang harus kamu lakukan sebelum tidur yakni pastikan Anda melepaskannya. Sebab lensa kontak membuat kornea mata Anda sulit untuk melindungi bagian depan mata yang memerlukan oksigen, nutrisi serta pelumas dari kornea mata kita.
(mrs/fds)
News Feed