Selasa, 10 Jul 2018 08:40 WIB

Kiper Legendaris Inggris Ajak Masyarakat untuk Rutin Donor Darah

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Dua kiper legendaris Inggris, David Seaman dan Peter Shilton mengajak masyarakat donor darah/Foto: Mirror Dua kiper legendaris Inggris, David Seaman dan Peter Shilton mengajak masyarakat donor darah/Foto: Mirror
Jakarta - Pendukung timnas Inggris di Piala Dunia 2018 pasti mengenal sosok David Seaman dan Peter Shilton. Dua sosok ini adalah kiper legendaris Inggris di perhelatan piala dunia sebelumnya.

David Seaman dan Peter Shilton kini ditunjuk sebagai duta donor darah oleh National Health Service (NHS) di Inggris. Mereka mengajak masyarakat, terutama pria, untuk mau mendonorkan darah karena NHS membutuhkan stok darah yang cukup besar.



"Tak perlu tangan Tuhan untuk menolong orang lain. Hanya dengan mendonorkan darah Anda bisa menyelamatkan nyawa tiga orang, dan hanya memakan waktu satu jam saja," ungkap Shilton yang memiliki 125 caps bersama timnas Inggris, dikutip dari Mirror.

NHS sat ini membutuhkan 25.000 donor darah pria. Darah pria lebih dicari selain berguna untuk suplai darah utuh, juga bermanfaat untuk diolah lagi menjadi plasma dan platelet.

Pria juga biasanya memiliki lebih banyak kandungan zat besi, sehingga berisiko rendah mengalami anemia.

David Seaman menyebut pria yang mendonorkan darahnya adalah pahlawan. Donor darah menurutnya merupakan donasi paling mudah namun paling berharga yang bisa dilakukan seseorang.

"Setiap donasi sangat penting. Dukung negara Anda seperti mereka yang saat ini bertarung di Piala Dunia dengan mendonorkan darah," tandasnya.

(mrs/up)