Selasa, 10 Jul 2018 19:29 WIB

Ini yang Terjadi pada Tubuh Ketika Berciuman

Christantio Utama - detikHealth
Ketika berciuman, tubuh memproduksi hormon yang membuat tubuh kita menjadi lebih positif. Di antaranya menghilangkan alergi dan mengurangi depresi. Foto: Thinkstock Ketika berciuman, tubuh memproduksi hormon yang membuat tubuh kita menjadi lebih positif. Di antaranya menghilangkan alergi dan mengurangi depresi. Foto: Thinkstock
Jakarta - Ciuman ternyata memiliki dampak reaktif bagi tubuh. Memang tidak terlihat, namun bisa dirasakan oleh yang melakukannya.

Dikutip dari Everyday Health, berciuman memiliki dampak positif untuk tubuh, terutama pikiran. Apa saja yang terjadi pada tubuh kita ketika kita berciuman? Simak ulasan berikut ini:



1. Menghilangkan alergi
Sering mengalami gatal pada bagian mata dan hidung ? Anda mungkin bisa menghilangkannya dengan berciuman. Studi Journal of Psychosomatic Research tahun 2006 menunjukkan bahwa berciuman selama 30 menit dapat mengurangi rasa gatal serta alergi.

2. Mengurangi nyeri dan sakit
Penilitian dari Current Pharmaceutical Design tahun 2015 menunjukkan bahwa dengan berciuman atau berpelukan akan memproduksi hormon oksitosin yang bermanfaat mengurangi rasa sakit dan nyeri pada tubuh.

3. Mengurangi depresi
Dengan berciuman tubuh menekan produksi hormon bernama kortisol. Perubahan ini terbukti dapat mengurangi stres.

4. Membersihkan mulut
Berciuman tidak bisa menggantikan kewajiban bergosok gigi, tapi menurut para ahli berciuman dapat merangsang zat saliva atau kelenjar lendir yang berfungsi membersihkan bakteri berbahaya serta mencegah penumpukan plak pada gigi.

5. Menggairahkan hasrat bercinta
Jika gairah bercinta sudah mulai berkurang, berciuman mampu mengobati hal ini dengan cara membuat suasana menjadi lebih romantis seperti mulai berpegangan tangan, berpelukan dan berciuman.

(up/up)
News Feed