Rabu, 11 Jul 2018 10:57 WIB

Cristiano Ronaldo Pindah Bikin Kamu Sedih? Ini Penjelasan Psikologisnya

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Kepindahan Cristiano Ronaldo dari Real Madrid ke Juventus bikin para penggemarnya bersedih (Foto: Emilio Andreoli/Getty Images) Kepindahan Cristiano Ronaldo dari Real Madrid ke Juventus bikin para penggemarnya bersedih (Foto: Emilio Andreoli/Getty Images)
Jakarta - Kepindahan Cristiano Ronaldo ke Juventus setelah sembilan tahun merumput di Real Madrid membuat para fans setia merasa sedih. Terlebih ketika surat terbuka yang dibuat Ronaldo dipublikasikan oleh website resmi Real Madrid seakan menambah rasa pedih di hati penggemar.

"Enggak percaya, kaget, dan sedih," ungkap salah seorang pengagum Cristiano Ronaldo yang sampai menitikkan air mata ketika mendengar kabar tersebut. Mengapa ya bisa muncul rasa sedih ketika CR pindah ke Juventus?





Karel Karsten Himawan, psikolog dari Fakultas Psikologi Universitas Pelita Harapan memberikan pendapatnya mengenai hal tersebut kepada detikHealth melalui pesan singkat. Ia menjelaskan, sepak bola adalah suatu cabang olahraga yang memang unik.

"Memang sepak bola itu unik ya, sebetulnya serupa dengan cabang olahraga tim lainnya, seperti: rugby, basket, dan sebagainya, tapi memang sepak bola kan bisa dibilang yang penggemarnya paling banyak dengan segmen penggemar yang sangat bervariasi," jelasnya.



Nah, siapa saja bisa menjadi penggemar dari klub atau pemain sepak bola mana pun. Ketika seseorang mulai menjadi fans seorang pemain, maka sebenarnya rasa suka tersebut turut terasosiasi dengan klub bola yang ditunggangi si pemain sepak bola atau bisa sebaliknya.

"Ketika dia (sang idola) keluar rasanya seperti semacam melihat orang 'bercerai' dari keluarganya," kata Karel.

Jangan terpuruk ya guys dengan kepindahan Cristiano Ronaldo ke Juventus. Ayo semangat dan bangkit lagi!

(ask/up)
News Feed