Rabu, 11 Jul 2018 18:35 WIB

Piala Dunia 2018

Inggris vs Kroasia Tayang Dini Hari, Ini Saran Dokter Biar Tak Terkantuk-kantuk

Luthfiadesta Andiko Putranti - detikHealth
Siap begadang demi tonton pertandingan Harry Kane dan kawan-kawan. Foto: Reuters Siap begadang demi tonton pertandingan Harry Kane dan kawan-kawan. Foto: Reuters
Jakarta - Kurang tidur bisa membuat kamu tidak fit pada keesokan paginya. Karena itu, penting buatmu memenuhi kebutuhan tidur meski harus begadang mendukung tim jagoanmu di babak semifinal Piala Dunia 2018, yang kebetulan tayang live pada pukul 01.00 WIB dini hari.

"Lebih baik tidur lebih cepat jam setengah 8 gitu, nanti setelah pertandingan ya sempetin tidur lagi," ujar pakar kesehatan tidur, dr Andreas Prasadja, kepada detikHealth, Rabu (11/7/2018).

Setiap orang memiliki kebutuhan waktu tidur yang berbeda, ada yang tidak bisa begitu saja menggeser jam tidur, ada juga yang mudah mau tidur kapan saja. Bagi orang yang tidak mudah menggeser jam tidur, lebih baik sempatkan tidur sebelum dan setelah pertandingan.


Untuk orang-orang yang mudah menggeser jam tidurnya, boleh-boleh saja tidur lebih cepat dan tidak tidur lagi setelah pertandingan. Jika nanti ada waktu setelah makan siang, lebih baik gunakan waktu itu untuk tidur sejenak.

"Kalau pertandingannya seru juga enggak akan ngantuk kok," canda dokter yang lebih akrab disapa dr Ade ini.

dr Ade juga menghimbau jangan mengonsumsi minuman berkafein dan minuman berenergi hanya untuk menjagamu tetap segar. Karena minuman itu akan membuatmu terjaga bahkan di waktu yang bisa kamu gunakan untuk tidur.

Satu lagi pesan dari dr Ade, kalau pada pagi harinya kamu masih mengantuk, jangan membawa kendaraan sendiri. Karena berkendara dengan kondisi mengantuk lebih berbahaya daripada saat mabuk.

"Lebih baik naik kendaraan umum atau dengan supir," tutur dr Ade.

(Luthfiadesta Andiko Putranti/up)
News Feed