Jumat, 13 Jul 2018 11:20 WIB

Tak Hanya Kalsium, Orang Dewasa Juga Butuh Kandungan Ini Pada Susu

Nabilla Nufianty Putri - detikHealth
Foto: shutterstock Foto: shutterstock
Jakarta - Umumnya, susu untuk orang dewasa ditujukan demi memperkuat tulang agar tidak keropos dan mencegah osteoporosis. Maka susu untuk orang dewasa pasti memiliki kandungan kalsium yang tinggi.

Menurut Head of Medical Marketing Kalbe Nutritionals, dr. Ervina Hasti W, peranan kalsium dan protein dari susu dapat dijadikan 'tabungan' bagi tubuh pada orang dewasa. Dengan mengonsumsi susu secara rutin, kadar kalsium dalam darah selalu normal sehingga mengurangi pengambilan cadangan kalsium dari tulang. Dibandingkan dengan makanan dan minuman lainnya, susu paling mudah diserap oleh tubuh.


Namun sebenarnya bukan hanya kalsium yang dibutuhkan tubuh. Orang dewasa juga butuh kandungan antioksidan untuk mencegah penuaan dini seperti yang terkandung dalam buah zaitun. Selain itu asupan asam lemak tak jenuh yang dibutuhkan oleh tubuh, dapat berupa omega 3 dan omega 6 yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung dan sendi.

"Dalam pemilihan susu, pertimbangkan kandungan yang terdapat di dalamnya. Saat ini sudah tersedia susu yang bukan hanya tinggi kalsium dan protein, tapi juga rendah lemak dan kaya antioksidan seperti buah zaitun dan omega 3," tutur dr. Ervina kepada detikHealth.

Ia menjelaskan buah zaitun atau hytolive berfungsi sebagai sumber antioksidan untuk membantu melindungi tubuh dalam menangkal radikal bebas dan memperlambat proses penuaan. Bahkan buah zaitun dapat mengurangi kerusakan oksidatif dalam tubuh dan membantu melawan infeksi yang disebabkan oleh bakteri.



Antioksidan ini dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan berperan sebagai antikoagulan darah yang mengurangi kemungkinan pembekuan darah. Antioksidan juga digunakan sebagai bahan kandungan suplemen makanan dengan harapan dapat membantu menjaga kesehatan dan mencegah berbagai penyakit yang disebabkan oleh radikal bebas.

Semua manfaat susu dan antioksidan serta antiperadangan atau inflamasi seperti kandungan tersebut bisa ditemukan pada susu Entrasol yang dibuat less fat sehingga tak perlu khawatir berat badan akan bertambah.

"Jangan lupa disertai pola makan yang tepat, seperti mengatur asupan gula, garam, dan lemak sesuai kebutuhan harian serta olahraga teratur akan membantu menjaga kesehatan," paparnya. (mul/ega)
News Feed