Senin, 16 Jul 2018 15:16 WIB

Ternyata Kebiasaan Mengucek Mata Berbahaya, Lho!

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock
Jakarta - Seringkali kita menggosok atau mengucek mata saat kita merasa stres, bangun tidur, mata terasa gatal atau saat ada 'sesuatu' di mata. Tapi ternyata kebiasaan sederhana ini bisa berbahaya untuk mata kita, lho.

"Pada kebanyakan orang, sesekali mengucek mata pelan-pelan tidak jadi masalah," kata Prof Charles McMonnies, dari School of Optometry and Vision Science di University of NSW, dikutip dari ABCNews.

Mengucek mata menstimulasi air mata untuk mengalir dan melumasi mata yang kering, menyingkirkan debu dan macam-macam pengganggu lainnya. Selain itu, mengucek mata juga melegakan rasa stres, karena menekan bola mata menstimulasi saraf vagus untuk melambatkan denyut jantung dan membuatmu rileks (kondisi ini disebut refleks okulokardiak).

Akan tetapi jika kamu menguceknya terlalu keras, terlalu sering atau setiap kali dapat menekan bola matamu. Tekanan mata sering terjadi misalnya saat kita menghapus air mata atau menghapus riasan wajah, meningkatkan tekanan sedikit demi sedikit.


Bagi orang dengan kondisi mata tertentu bisa membahayakan, misal pada orang yang mengalami rabun jauh (miopi). Paling buruk pada pengidap miopi, kalau sering mengucek mata dapat menyebabkan ablasi retina.

Atau misal pada orang yang mengidap glaukoma, di mana mengucek mata akan mengganggu aliran darah ke belakang mata dan menimbulkan kerusakan saraf sehingga merusak pandanganmu. Mengucek mata juga berpotensi mentransfer bakteri dari tangan ke mata, berisiko menimbulkan bintitan dan infeksi mata.

Tak hanya retina yang di belakang mata, mengucek mata juga bisa merusak kornea mata yang berada di depan. Dan dalam kasus yang serius, kornea bisa robek dan menyebabkan kebutaan.

"Mengucek mata saat bangun tidur bisa berisiko kornea jadi bengkak akibat cairan berlebih dari rendahnya oksigen di malam hari. Selain itu, risiko juga tinggi saat selesai mengenakan lensa kontak," tutur Prof McMonnies.


Hal ini disebabkan karena level oksigen sedang dalam pemulihan, terutama ketika mengenakan lensa kontak yang cukup tebal. Sehingga memicu rasa gatal yang membuatmu ingin mengucek mata.

Prof McMonnies menyebut mengucek mata seharusnya dihindari sebisa mungkin, tak ada alasan yang mengharuskan kita mengucek mata. Oleh karena itu, lakukan hal-hal berikut:

1. Gunakan kain lembut yang bersih, basahi dan taruh di atas mata untuk mengurangi rasa gatal dan keinginan untuk mengucek atau mengurangi rasa kantuk di pagi hari.
2. Mengobati penyebab dari mata kering, gatal dan iritasi untuk meminimalisir rasa ingin mengucek. Bisa dengan menghindari debu atau hal-hal yang dapat memicu alergi.
3. Kelola stres jika menjadi salah satu penyebab kamu mengucek mata.

(frp/up)
News Feed