Selasa, 17 Jul 2018 18:30 WIB

Kata Dokter Ahli Kanker tentang Obat 'Mahal' yang Dihapus BPJS

Annissa Widya Davita - detikHealth
Dokter ahli kanker sebut obat trastuzumab bisa efektif memperpanjang usia harapan hidup pasien kanker. Foto: thinkstock Dokter ahli kanker sebut obat trastuzumab bisa efektif memperpanjang usia harapan hidup pasien kanker. Foto: thinkstock
Jakarta - Dewan Pertimbangan Klinis menyatakan bahwa obat trastuzumab tidak memiliki dasar indikasi medis untuk digunakan bagi pasien kanker payudara metastatik walaupun dengan restriksi. Maka Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan menghapus dari jaminannya.

Namun, menurut dr Drajat R. Suardi, SpB(K)Onk, Ketua Perhimpunan Onkologi Indonesia, obat trastuzumab dapat memperpanjang usia harapan pasien kanker payudara HER2 positif.

"Profesor Martine Piccart membuat penelitian, apabila seseorang yang mengidap HER2 positif kemudian sel tersebut berwana coklat, maka bila diberikan pengobatan (terapi) dan obat trastuzumab akan menambah usia mereka 5-6 bulan," tuturnya kepada detikHealth, Selasa (17/7/2018).


Pengidap kanker payudara HER2 positif ini di Indonesia angkanya mencapai 15-20 persen dari jumlah kasus kanker payudara. Salah satunya diidap oleh Yuniarti Tanjung alias Juniarti yang mengguggat BPJS Kesehatan dan Presiden RI Joko Widodo karena obat trastuzumab dihapus dari jaminan BPJS.

Kanker payudara HER2 positif merupakan salah satu sifat kanker agresif yang menangkap sinyal dari Epidermal Grouth Factor (EGF) yang merupakan protein untuk menstimulasi perkembangan sel.

Kanker payudara yang diidap Yuniarti sudah mencapai level atau stadium 3B. Artinya, kanker payudara HER2 positif tersebut mengandung tumor T1 dan T2, nodul N1 dan N2, dan M0 (metastasis atau menyebar).

"Pada kasus seperti ini jika tumor lebih dari 5 sentimeter, maka belum bisa dilakukan tindakan operasi secara langsung, karena pisau yang digunakan akan memotong dareah infiltrasi tumor sehingga tindakan tersebut akan menyebarkan tumor ke daerah lain," ujar dr Drajat.

(wdw/up)
News Feed