ADVERTISEMENT

Rabu, 18 Jul 2018 11:42 WIB

Punya Gejala Mirip, 5 Penyakit Ini Sering Dikira Leukemia

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Halaman 1 dari 6
Denada mengungkapkan penyakit leukemia yang dialami anaknya. Di ranah kesehatan, ada beberapa penyakit yang sering disangka leukemia karena gejalanya mirip. Foto: Instagram
Jakarta - Pengakuan Denada tentang putrinya yang mengidap leukemia menarik simpati banyak orang. Shakira Arum yang berusia 5 tahun kini sedang menjalani pengobatan di salah satu rumah sakit di Singapura.

Leukemia, biasa juga ditulis leukimia, merupakan salah satu jenis kanker yang menyerang sumsum tulang belakang. Penyakit ini banyak ditemukan pada anak usia 2-6 tahun dan orang tua di atas 50 tahun.

Tergolong jenis kanker yang tidak bertumor, diagnosis leukemia dilakukan dengan melihat kondisi darah. Jumlah sel darah, pembesaran limpa, dan abnormalitas sel darah putih merupakan beberapa marker atau penanda seseorang mengalami leukemia.

Nah, 5 penyakit ini memiliki tanda-tanda yang mirip sehingga sering disangka leukemia, baik itu kelainan pada darah maupun gangguan pada sumsum tulang. Apa saja? Dikutip dari Oncology Encyclopedia, berikut daftarnya:

(mrs/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT