Rabu, 18 Jul 2018 13:53 WIB

Mengenal HER2 Positif, Kanker Payudara yang Agresif dan Obatnya Mahal

Annissa Widya Davita - detikHealth
Dibanding jenis kanker payudara lain, HER2 positif disebut-sebut lebih agresif (Foto: thinkstock) Dibanding jenis kanker payudara lain, HER2 positif disebut-sebut lebih agresif (Foto: thinkstock)
Jakarta - Kisah Yuniarti Tanjung alias Juniarti yang mengidap kanker payudara HER2 positif mendapatkan banyak simpati karena menggugat Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Obat 'mahal' trastuzumab untuk penyakit tersebut tidak lagi ditanggung BPJS Kesehatan.

Ngomong-ngomong, apa sih kanker payudara HER2 positif? Dikutip dari Mayo Clinic, kanker payudara HER2 positif adalah kanker payudara yang terdeteksi positif untuk protein yang disebut 'human epidermal growth factor receptor 2' (HER2).Protein tersebut berfungsi untuk mendorong pertumbuhan sel kanker.

HER2 adalah gen yang menciptakan protein atau reseptor HER2. Reseptor inilah yang membantu mengontrol pertumbuhan dan perbaikan sel-sel payudara. Namun, jika kelebihan protein HER2 justru bisa menyebabkan reproduksi sel payudara tidak terkontrol dan menimbulkan kanker payudara.


Kasus kanker payudara HER2 positif itu 15-20 persen dari seluruh kasus kanker payudara di Indonesiadr Drajat R Suardi, SpB(K)Onk - Ahli Kanker


dr Drajat R. Suardi, SpB(K)Onk, Ketua Perhimpunan Onkologi Indonesia mengatakan bahwa kanker payudara HER2 positif ini memiliki sifat yang lebih agresif dibandingkan kanker payudara lainnya.

"Kasus kanker payudara HER2 positif itu 15-20 persen dari seluruh kasus kanker payudara di Indonesia," ujarnya kepada detikHealth, Selasa (17/7/2018).

"Jenis stadium kanker ada 3 patokan, yaitu T (tumor), N (nodul), dan M (metastasis atau penyebaran). Di mana kanker payudara HER2 positif ini mengandung T2, T3, N1, N2, dan M0," lanjutnya.

Umumnya, kanker payudara HER2 positif cenderung tidak sensitif terhadap terapi hormon. dr Drajat menuturkan bahwa pengobatan kanker jenis ini lebih efektif dengan kemoterapi dan obat trastuzumab.

(up/up)
News Feed