Rabu, 18 Jul 2018 16:07 WIB

Studi: Makan 2 Jam Sebelum Tidur Bisa Mencegah Kanker Payudara

Christantio Utama - detikHealth
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock
Jakarta - Kebiasaan orang-orang yang makan malam sebelum tidur ternyata bisa membahayakan dirinya. Selain bisa membuat perut menjadi gendut, ternyata kebiasaan itu bisa berkaitan dengan penyakit kanker.

Dikutip dari Fox 6, sebuah studi terbaru dari International Journal of Cancer memperlihatkan bahwa orang yang makan malam sebelum jam 9 malam atau 2 jam sebelum tidur bisa mengurangi resiko terkena kanker payudara dan prostat hingga 20 persen.


"Studi diikuti oleh 1.826 orang yang diambil dari beberapa klinik kesehatan di seluruh Spanyol yang terdiri dari 621 orang terkena kanker prostat dan 1.205 terkena kanker payudara," kata Dr Manolis Kogevinas peneliti dari Barcelona Institute for Global Health.

Para peneliti mengemukakan gaya hidup dari rata-rata orang yang mengikuti penelitian memperlihatkan kecenderungan yang kurang sehat seperti makan serta pola tidurnya.

Pada penelitian sebelumnya juga sempat memperlihatkan bahwa pekerjaan yang memiliki pola sistem kerja malam berasosiasi dengan penyakit kanker payudara dan prostat.

"Tahun 2007 World Health Organization International Agency for Research on Cancer mengkategorikan sistem kerja malam bisa merusak pola tidur seseorang dan bisa menyebabkan penyakit seperti kanker pada tubuh manusia," ucap Dr Manolis.

(fds/fds)
News Feed