Kamis, 19 Jul 2018 08:07 WIB

Wanita Paling Rentan Kena Kanker, Pria Lebih Banyak karena Rokok

Christantio Utama - detikHealth
Kanker merupakan salah satu penyakit yang paling berbahaya yang bisa menyerang siapa saja, bagian tubuh mana saja dan kapan saja.  Foto: thinkstock Kanker merupakan salah satu penyakit yang paling berbahaya yang bisa menyerang siapa saja, bagian tubuh mana saja dan kapan saja. Foto: thinkstock
Jakarta - Kanker merupakan salah satu penyakit yang paling berbahaya yang bisa menyerang siapa saja, bagian tubuh mana saja dan kapan saja. Di Indonesia, pengidap kanker lebih didominasi oleh kaum wanita dan mayoritas adalah pengidap kanker payudara.

"Kanker payudara masih menjadi jenis kanker yang mayoritas diderita masyarakat Indonesia. Yang kedua adalah kanker serviks. Serta yang ketiga tipis-tipis antara usus dan paru-paru," tutur Dr Sonar Soni Panigoro, Sp.B(K)Onk ahli bedah onkologi.

Sedangkan jika dibedakan secara jenis kelamin, pria lebih banyak terkena kanker akibat merokok.

"Kalau untuk pria nomor satu masih paru-paru. Lalu yang kedua ada nasofaring. Ketiga ada kanker usus," ucapnya saat ditemui detikHealth di daerah Lebak Bulus, Jakarta Selatan, baru-baru ini.


Saksikan juga video 'Keren! Pelajar Ini Ciptakan Bra yang Bisa Deteksi Kanker':

[Gambas:Video 20detik]



"Kanker payudara juga ada yang menyerang pria, tapi presentasinya sangat kecil hanya 1 persen," tandasnya.

Untuk wanita selain kanker payudara dan serviks, kanker indung telur juga menjadi jenis kanker yang terbanyak ketiga diderita di Indonesia.

Wanita Paling Rentan Kena Kanker, Pria Lebih Banyak karena Rokok
(up/up)
News Feed