Jumat, 20 Jul 2018 10:04 WIB

Mahasiswa UMP Manfaatkan Limbah Kulit Semangka Menjadi Gel Anti Jerawat

Arbi Anugrah - detikHealth
Tak banyak orang yang tahu bahwa limbah kulit semangka dapat dimanfaatkan sebagai obat anti jerawat oleh mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Foto: Humas UMP Tak banyak orang yang tahu bahwa limbah kulit semangka dapat dimanfaatkan sebagai obat anti jerawat oleh mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Foto: Humas UMP
Purwokerto - Tak banyak orang yang tahu bahwa limbah kulit semangka dapat dimanfaatkan sebagai obat anti jerawat. Di tangan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) limbah kulit semangka diubah menjadi gel anti jerawat bernilai ekonomis.

"Salah satu tanaman yang dapat mengatasi jerawat yaitu semangka (Citrullus lanatus). Semangka ini merupakan buah yang dapat tumbuh disegala musim, sehingga mudah di dapat dan harganya murah," kata ketua kelompok Yola Anggraeni dalam rilisnya kepada detikcom Kamis (19/7/2018).

Yola Anggraeni bersama kedua temannya Tika Ambarwati dan Irmas Miranti yang tergabung dalam Tim Program kreativitas Mahasiswa Penelitian Eksakta (PKM-PE) Fakultas Farmasi Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) memberi nama Gel Anti jerawat dari Limbah Kulit Buah Semangka itu dengan nama "Citrula Gel" sebagai antijerawat (Acne vulgaris).

Menurut dia, Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki iklim tropis sehingga resiko terhadap masalah jerawat akan sangat mudah muncul.

"Biasanya terjadi karena pada iklim tropis tubuh lebih sering berkeringat dan kelenjar keringat akan bekerja sangat aktif yang menghasilkan minyak berlebih sehingga memicu timbulnya jerawat," ujarnya.


Saksikan juga video 'Beauty Blogger Beri Tips Hilangkan Jerawat dengan Kulit Pisang':

[Gambas:Video 20detik]



Dia mengatakan, banyak masyarakat yang beranggapan jika kulit semangka bagian dalam yang berwarna putih dianggap sebagai limbah. Namun ternyata pada bagian ini memiliki banyak kandungan gizi.

"Kulit buah semangka memiliki senyawa aktif sebagai anti bakteri yaitu terpenoid. Terpenoid ini mengandung senyawa likopen dari golongan karotenoid. Nah likopen ini diklaim memiliki kerja lebih baik dibanding antioksidan," ujarnya.

Lebih lanjut Yola mengatakan, setelah melihat permasalahan tersebut, dengan dibimbing oleh Dosen Fakultas Farmasi UMP Erza Genatrika, M.Sc., Apt mencoba untuk membuat gel dari kulit buah semangka.

"Setelah melihat permasalahan yang ada, maka kami dari TIM PKM-PE Fakultas Farmasi berinisiatif membuat gel dari kulit buah semangka yang bernama Citrula Gel dari limbah kulit buah semangka sebagai antijerawat," ucapnya.

Dia menuturkan jika saat ini gel anti jerawat tersebut belum dapat dipasarkan karena harus melalui beberapa kali pengujian laboratorium.

"Masih akan dilakukan uji lanjutan, karena baru sampai uji antibakteri saja. Insya Allah setelah semua uji dikatakan aman, baru nanti bisa dipasarkan," ungkapnya.

Mahasiswa UMP Manfaatkan Limbah Kulit Semangka Menjadi Gel Anti Jerawat
(up/up)
News Feed