Minggu, 22 Jul 2018 12:36 WIB

Penting! Pengering Tangan di Toilet Ternyata Sebarkan Bakteri

Christantio Utama - detikHealth
Pengering tangan ternyata bisa sebarkan bakteri. Foto: Widiya Wiyanti/detikHealth Pengering tangan ternyata bisa sebarkan bakteri. Foto: Widiya Wiyanti/detikHealth
Jakarta - Bagi Anda yang sering berpergian ke pusat perbelanjaan atau restoran, pasti sudah tidak asing lagi dengan alat pengering tangan yang ada di toilet. Seringkali kita gunakan untuk menghemat waktu agar tangan kita cepat kering setelah mencuci tangan. Tapi ternyata ada fakta menarik dibalik itu, berikut ulasannya!

Dikutip dari Everyday Health, sebuah penelitian yang dilakukan di Britania Raya mengungkapkan bahwa menggunakan alat pengering tangan di toilet berisiko terpapar bakteri lebih banyak dibandingkan dengan mengeringkan tangan dengan menggunakan tisu.


Pengering tangan yang ada di toilet memiliki 4,5 kali lebih banyak bakteri dibandingkan dengan udara yang berada di sekitarnya, dan 27 kali lebih kotor dibandingkan dengan menggunakan tisu.

"Lain kali jika Anda menggunakan pengering tangan yang ada di toilet, Anda berarti berkontribusi dalam penyebaran bakteri yang ada di alat itu. Atau bisa saja tangan Anda yang terpapar bakteri dari tangan orang lain," tutur Mark Wilcox, salah satu tim peneliti dari University of Leeds.

Selain itu, terlihat juga bahwa bakteri yang berada di alat pengering tangan masih dapat terdeteksi keberadaannya sampai dengan jangka waktu 15 menit.

"Penemuan ini cukup penting untuk mengetahui bagaimana sebuah bakteri dapat menyebar dan penyakit dapat menular," imbuhnya.

Lain kali, sebaiknya keringkan tangan menggunakan tisu saja agar tidak terpapar oleh bakteri.

(wdw/wdw)
News Feed