Senin, 23 Jul 2018 14:05 WIB

Doyan Makan Sosis Bisa Berbahaya Bagi Kesehatan Jiwa?

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
studi menyebut doyan mengonsumsi makanan daging olahan seperti sosis disebut bisa berdampak pada kesehatan jiwa. Foto: iStock studi menyebut doyan mengonsumsi makanan daging olahan seperti sosis disebut bisa berdampak pada kesehatan jiwa. Foto: iStock
Jakarta - Makan siang dengan menu apa hari ini? Hati-hati, studi menyebut doyan mengonsumsi makanan daging olahan seperti sosis, bacon, dan sejenisnya disebut bisa berdampak pada kesehatan jiwa.

Seva Khambadkone dari Johns Hopkins University School of Medicine melakukan penelitian terkait dampak konsumsi daging olahan pada pasien gangguan jiwa yang mengalami mental breakdown. Ditemukan bahwa mengonsumsi daging olahan berisiko tiga kali lipat membuat seseorang mengalami mental breakdown.



"Pasien yang dibawa ke rumah sakit karena mengalami episode manik diketahui sering mengonsumsi makanan daging olahan seperti sosis, ham, salami, dan bacon," ungkap Seva dikutip dari Mirror.

Penelitian dilakukan dengan menganalisis 1.101 pasien rumah sakit yang mengalami episode manik. Pasien berusia 18-65 tahun, dan dipantau kesehatan jiwa dan pola dietnya selama 10 tahun.

Ilmuwan mencurigai peran senyawa nitrat dalam daging olahan berperan besar dalam peningkatan fase manik ini. Nitrat merupakan senyawa yang digunakan untuk mengawetkan makanan.

Penelitian sebelumnya pada mencit memperlihatkan adanya kecenderungan hiper-aktivitas pada mencit yang mengonsumsi nitrat.


Tonton juga video: 'Nasi Goreng Merah yang Sehat ala drg. Yoan'

[Gambas:Video 20detik]



(mrs/up)