Selasa, 24 Jul 2018 14:27 WIB

Cegah Keracunan, Sandi Tekankan Pentingnya Aman Saji di Asian Games 2018

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Wakil Gubernur DKI Sandiaga Uno (Indra Komara/detikcom) Wakil Gubernur DKI Sandiaga Uno (Indra Komara/detikcom)
Jakarta - Pemerintah DKI Jakarta telah mempersiapkan dan memastikan segala aspek untuk Asian Games 2018 ini termasuk keamanan pangan.

Disampaikan oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno, dengan "Aman Saji" atau pengendalian keamanan pangan ini juga diharapkan tidak terjadi adanya kontaminasi-kontaminasi akibat kurangnya kepedulian terhadap sanitasi.

"What happen in our food chain dalam keadaan Asian Games 2018 yang akan datang ini sangat, sangat critical. Jangan sampai terputus food chain kita. Jangan sampai ada contaminance dalam food kita yang bisa mengakibatkan mungkin outbreak. Ya naudzubillahimindzalik ya. Jangan sampai terjadi food poisoning dan sebagainya," tutur Sandi di kawasan Thamrin, Selasa (24/7/2018).



Sandi menyebut banyak makanan Indonesia yang telah dikenal dan mendunia, seperti rendang. Baginya, lewat ajang Asian Games 2018 ini dapat menjadi kesempatan kita untuk menunjukkan dari segi keamanan produksi dan saji baik makanan dan minuman.

"Jangan jadi ajang untuk saling menjatuhkan. Asian Games ini harusnya mempersatukan kita. This is our opportunity. Jadi bukan hanya juara Asian Games kita yang mendapatkan medali emas di Asian Games tapi juga medali emas di makanannya yang aman saji," imbuh Sandi lagi.

"Aman Saji" Jakarta dimulai dengan penerbitan sertifikat dan stiker yang akan ditempelkan di beberapa gerai makanan saji dan front office hotel. Secara simbolis penempelan stiker dilakukan oleh Sandi dan Kepala BPOM RI Penny K Lukito di gerai makanan di Plaza Indonesia Jakarta.

(frp/up)
News Feed