Selasa, 24 Jul 2018 16:50 WIB

BPOM Bagi-bagi Stiker Tanda Jualan Aman Jelang Asian Games 2018

Annissa Widya Davita - detikHealth
Kepala BPOM Penny Lukito dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno membagikan stiker keamanan pangan jelang Asian Games 2018. Foto: Annissa WD/detikHealth Kepala BPOM Penny Lukito dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno membagikan stiker keamanan pangan jelang Asian Games 2018. Foto: Annissa WD/detikHealth
Jakarta - Terkait masih ditemukannya pangan yang mengandung bahan berbahaya, Kepala BPOM mengimbau tidak hanya produsen namun konsumen pun untuk memproduksi dan mengkonsumsi pangan yang aman sesuai dengan peraturan perundang - undangan yang berlaku. Dikhawatirkan jika tanpa pemantauan ini, akan terjadi penyebaran penyakit pada saat perhelatan Asian Games 2018.

Beberapa minggu menjelang Asian Games, Gubernur DKI Jakarta dan Kepala BPOM RI melakukan pengawalan keamanan pangan terpadu bersama jajaran lintasan yang terkait.

Usaha kuliner foodcourt, restaurant dan swalayan di kawasan Jakarta Pusat akan diberlakukan penempelan stiker pertanda telah tersertifikasi aman tersaji.



"Saya sudah ngecek di wilayah DKI Jakarta dan Palembang. Selama ini keamanan pangan juga kami pantau dengan pemerintah daerah," ujar Ketua BPOM Penny K. Lukito, saat acara di kawasan Thamrin, Selasa (24/7/2018).

Gubernur DKI Jakarta dan Kepala BPOM RI melakukan pengawalan keamanan pangan terpadu bersama jajaran lintasan yang terkait.Gubernur DKI Jakarta dan Kepala BPOM RI melakukan pengawalan keamanan pangan terpadu bersama jajaran lintasan yang terkait. Foto: Annissa WD/detikHealth


Kegiatan ini merupakan kerja sama antara Kementerian Kesehatan, BPOM RI, dan Dinas Kesehatan untuk menampilkan makanan Indonesia dalam menyambut Asian Games.

Sementara itu, BPOM juga memberlakukan penyisiran terhadap penjual yang berdagang di sekitaran Gelora Bung Karno. Pengawalan keamanan pangan juga dilakukan di beberapa hotel yang menjadi penginapan atlet dan official Asian Games.

(fds/up)