Rabu, 25 Jul 2018 08:36 WIB

Kemenkes Akui Model Pria di Bungkus Rokok Pernah Lapor Tahun Lalu

Widiya Wiyanti - detikHealth
Kemenkes akui Dadang Mulya pernah lapor tahun lalu. Foto: Sudirman Wamad
Jakarta - Dadang Mulya (42), warga Kabupaten Kuningan, Jawa Barat tengah menjadi perbincangan, pasalnya ia mengaku bahwa dirinya merupakan model yang sedang menggendong bayi sambil merokok di bungkus rokok.

Sudah enam tahun wajah Dadang terpampang di bungkus rokok, lantas kenapa baru sekarang Dadang lapor?

Ternyata menurut Kepala Subdit, Advokasi dan Kemitraan, Direktorat Promosi Kesehatan, Ditjen Kesmas, Kementerian Kesehatan, Sakri Sab'atmaja, SKM, Msi, Dadang pernah menyurati Kemenkes perihal ini tahun lalu.

"Dulu, 2017 lalu pernah menyurati kami, orangnya sama dia juga bawa pengacara," ujarnya kepada detikHealth, Rabu (25/7/2018).


"Sudah kami buktikan, dia diam. Nah ini mencuat lagi, mungkin karena kita regulasi gambarnya," tambahnya.

Sakri mengatakan bahwa penggantian gambar bungkus rokok dilakukan setiap dua tahun sekali, setelah adanya evaluasi dari beberapa badan survei mengenai keefektifan gambar tersebut.

Namun Dadang mengaku fotonya diambil saat dia sedang menonton bola di lapangan Kecamatan Pancalang, yang berdekatan dengan kediamannya. Kala itu, Dadang mengaku ada mobil yang berhenti di depannya, lalu ada orang yang keluar dan memotretnya. Peristiwa itu pun sempat dia ceritakan kepada istrinya.

"Kata istri tak apa-apa. Tapi saya sempat kepikiran waktu pertama lihat foto saya di bungkus rokok," kata Dadang dikutip dari detikNews.



[Gambas:Video 20detik]




(wdw/up)