Jumat, 27 Jul 2018 09:10 WIB

Pada Kondisi Seperti Ini, Makan Sayur Sebaiknya Tidak Berlebihan

Christantio Utama - detikHealth
Makan sayuran juga ada batasannya lho. Foto: iStock Makan sayuran juga ada batasannya lho. Foto: iStock
Jakarta - Sudah berapa kali kamu disuruh untuk mengonsumsi sayur oleh orangtua, teman atau pacar? Mungkin sudah berkali-kali kita sering mendengar kata-kata itu ketika sedang ingin makan.

Kebanyakan orang mengira bahwa makan sayur akan selalu membuat badan menjadi sehat karena kaya akan kandungan serat, mineral, antioksidan serta vitamin yang melimpah. Padahal tidak selalu tubuh membutuhkan sayur dalam jumlah berlimpah.



Dikutip dari Everyday Health, berikut ini adalah beberapa alasan kenapa kamu perlu membatasi makan sayur:

1. Olahraga

Bagi para atlet atau orang yang menginginkan durasi dan olahraga yang intensif bisa menyebabkan otot menjadi kelelahan, keadaan otot yang lelah ini membuat darah mengalir lebih banyak ke otot dibandingkan ke daerah perut yang membantu melancarkan pencernaan makanan.

Makanan yang tinggi serat seperti brokoli akan lebih sulit dicerna oleh tubuh karena memberi beban kerja lebih bagi perut.

2. Sering buang angin

Ketika kamu mengonsumsi banyak sayur seperti kacang-kacangan mungkin hal tersebut baik untuk kesehatan jantung, tapi semakin banyak kamu makan kacang juga akan meningkatkan intensitas buang angin kamu dari dalam perut.

Buang angin berlebih bisa terjadi ketika kamu mengonsumsi makanan yang mengandung banyak serat lebih banyak dari biasa yang dikonsumsi.

3. Sesudah operasi

Sesudah operasi seperti gastrointestinal (saluran cerna) umumnya kamu harus berhenti mengonsumsi sayuran selama 2 sampai 6 minggu untuk memberikan waktu bagi tubuh mengembalikan kondisinya.

Dokter menyarankan mengonsumsi makanan rendah serat selama proses pemulihan operasi berlangsung.

4. Heartburn

Heartburn adalah sebuah sensasi perih dan panas dalam dada yang mungkin terjadi karena kamu mengonsumsi terlalu banyak tomat, tomat mengandung asam yang mungkin menyebabkan Heartburn.

Ketika asam dari tomat bertemu dengan asam dari perut, inilah yang menyebabkan sensasi Heartburn terjadi.

5. Kelebihan beta karoten

Waktu kecil mungkin kamu pernah mendengar bahwa jika terlalu banyak makan wortel bisa menyebabkan tubuh berubah warna menjadi orange, ternyata hal ini memang mungkin terjadi.

Kondisi ini bernama hypercarotenemia, kandungan beta karoten dalam wortel yang terlalu banyak dapat menyumbat penyerapan vitamin A dalam tubuh sehingga menyebabkan fenomena tersebut terjadi pada seseorang.



Tonton juga video: 'Gemar Makan Sayur Hijau Bisa Bikin Otak Awet Muda Loh!'

[Gambas:Video 20detik]



(up/up)
News Feed