Kamis, 02 Agu 2018 07:20 WIB

Cakupan Imunisasi Campak-Rubella Masih Sulit di Papua

Ibnu Munsir - detikHealth
Foto: Ibnu Munsir/detikHealth
Makassar - Menteri Kesehatan (Menkes) RI, Nila Djuwita F. Moeloek menyebut imunisasi campak-rubella sangat penting bagi kesehatan dan kehidupan manusia. Nila menyebut campak dan rubella bisa menyebabkan kematian.

"Imunisasi ini penting, tadi kita sudah dijelaskan campak bisa menyebabkan kematian dan ini terbukti cukup banyak terkena penyakit campak dan campak ini apalagi daya tahan kita turun itu luar biasa," kata Menkes Nila di Makassar, Rabu (1/8/2018).

Selain campak, rubella juga menjadi ancaman bagi kondisi kesehatan seseorang, lantaran merupakan virus yang dapat menyerang tubuh manusia.


"Kedua, rubella dia menyebabkan kelainan yang tidak bisa diobati artinya kita kasih anti panas tapi tidak bisa mematikan kuman dan virus di tubuh, apalagi di rubella," jelasnya.

Imunisasi campak-rubella ini sendiri menjadi tantangan bagi Kementerian Kesehatan, pasalnya imunisasi akan digelar di semua daerah di Indonesia termasuk Papua. Selain akses yang sulit di Papua vaksin juga harus dibawa dalam kondisi segar.

"Tantangan kita semua geografis dari Sumatera, Aceh dan Papua. Di Kota Makassar akses kita kuasai tapi kalau di Papua kerja keras lagi geografis, transportasi dan membawa vaksin. Kerja keras dan pemikiran luar biasa," terangnya.

(fds/fds)