Kamis, 02 Agu 2018 11:01 WIB

Ingin Kurangi Kesemutan? Yuk Coba 4 Makanan Ini

Annissa Widya Davita - detikHealth
Halaman 1 dari 5
Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Kesemutan kerap kali datang bersamaan dengan rasa kebas. Hati-hati lho, jika gejala ini tidak ditindak lanjuti akan mengakibatkan kerusakan saraf tepi atau bahasa kedokterannya adalah Neuropati.

Berdasarkan penelitian terbaru yang dilakukan Perhimpunan Dokter Spesialis Saraf Indonesia (PERDOSSI), dr. Manfaluthy Hakim, SpS(K), Ketua Kelompok Studi Neurofisiologi dan Saraf Tepi, PERDOSSI Pusat, membuktikan bahwa mengonsumsi vitamin B kompleks seperti B1, B6, dan B12 terbukti mampu mengurangi rasa kesemutan ataupun kebas alias 'baal'.

"Vitamin B1, B6 dan B12 sudah terbukti dapat mengurangi neuropati atau kesemutan. Selain mengonsumsi vitamin B kompleks, makanan juga perlu diperhatikan, seperti kacang - kacangan dan danging merah," Ujar dr Luthy, sapaannya, saat ditemui detikHealth beberapa waktu lalu, di kawasan Jakarta Selatan.

Namun mengonsumsi vitamin B kompleks saja tidak cukup. Nutrisi yang lain juga dibutuhkan tubuh guna mengurangi sensasi kesemutan yang kerap mengganggu aktivitasmu. Dikutip Never Pain Treatment berikut 4 makanan yang dapat mengurangi rasa kesemutan:

(fds/fds)