Minggu, 05 Agu 2018 10:19 WIB

Tak Perlu Kejar Tubuh Sempurna Demi Jaga Kesehatan Jiwamu

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Halaman 1 dari 5
Tak perlu memaksakan diri untuk mendapatkan body goals seperti Kendall Jenner. Foto: Pascal Le Segretain/Getty Images Tak perlu memaksakan diri untuk mendapatkan body goals seperti Kendall Jenner. Foto: Pascal Le Segretain/Getty Images
Jakarta - Baru-baru ini ngetren pose kaki jenjang di Instagram dengan tagar #barbiefeet di kalangan model dan seleb seperti Kendall Jenner dan Olivia Culpo. Pose #barbiefeet ini membentuk mindset bahwa kaki yang indah adalah kaki yang jenjang dan ramping, dengan ditunjukkan lewat pose tertentu.

Persepsi body goals di media sosial berdampak besar pada bagaimana kita memandang tubuh kita sendiri. Sayangnya, cenderung banyak membuat baik wanita maupun pria jadi tak puas dengan tubuhnya hingga melakukan hal-hal yang tidak realistis, berbahaya dan tidak sehat, misalnya dengan diet ketat atau bahkan operasi plastik.

Dan saat gagal, dampak negatif menyelubungi mereka dengan rasa malu dan cemas pada tubuh sendiri, gangguan makan, rendah diri, depresi, serta ketidakpuasan seksual dan romantisme hubungan.

Citra tubuh yang negatif sangat buruk bagi kesehatan mental dan jasmani kita. Dirangkum dari Psychology Today, berikut tips-tips yang bisa kamu ikuti agar lebih mencintai tubuhmu sendiri:



(frp/up)