Senin, 06 Agu 2018 10:24 WIB

Kondisi Tubuh Kian Menurun Akibat Faktor Usia, Benarkah?

Nabilla Nufianty Putri - detikHealth
Foto: shutterstock Foto: shutterstock
Jakarta - Ketika badan terasa pegal-pegal dan tubuh cepat lelah, banyak orang yang mengaitkan hal ini dengan faktor usia. Benarkah kondisi kesehatan seseorang kian menurun akibat bertambahnya usia? Menurut Head of Medical Marketing Kalbe Nutritionals, dr Ervina Hasti W, usia dibagi menjadi dua yaitu usia biologis dan usia yang sebenarnya.

Proses penuaan dimulai ketika seseorang memasuki usia 30-an. Pada usia tersebut, kondisi fisik mengalami beberapa gejala seperti lebih mudah lelah, gampang pegal, susah istirahat, hingga imun menurun dan mudah sakit.

"Tangan dan kaki merupakan bagian tubuh yang paling sering merasa kelelahan karena merupakan titik tumpu saat melakukan aktiviitas. Pegal di pundak atau pinggang bisa terjadi juga misal karena aktivitas mengetik di hadapan komputer dalam waktu lama dengan posisi badan tidak ergonomis atau mengangkat beban dengan cara yang salah," ujar dr Ervina kepada detikHealth, Senin (6/8/2018).



Jika sering mengalami hal tersebut, patut diwaspadai terjadi gejala awal penuaan pada tubuh. Salah satu faktor yang mempengaruhi kondisi tubuh mudah lelah dan sering pegal adalah kurangnya asupan nutrisi harian. Baik asupan yang dikonsumsi kurang lengkap atau tidak seimbang.

Guna membantu terpenuhinya nutrisi harian, konsumsi susu Entrasol karena mengandung nutrisi lengkap dan seimbang yakni hytolive (ekstrak buah zaitun). Zaitun bermanfaat sebagai antioksidan alami untuk menangkal radikal bebas dan mencegah penyakit jantung koroner serta anti-inflamasi yang dapat membantu mengatasi nyeri pada radang sendi atau arthritis.




Tonton juga 'Hindari Penuaan Dini, Kurangi Makanan dan Minuman Ini':



Kondisi Tubuh Kian Menurun Akibat Faktor Usia, Benarkah?
(mul/ega)
News Feed