Selasa, 07 Agu 2018 12:05 WIB

Tegur Pemotor yang Lewat di Trotoar, Pejalan Kaki Ini Malah Dipukul

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Foto: YouTube
Jakarta - Jalan kaki memang merupakan olahraga paling murah dan paling mudah untuk dilakukan. Trotoar di pinggir jalan ada sebagai salah satu fasilitas bagi para pejalan kaki di setiap kota. Namun bagaimana jika trotoar malah digunakan oleh pemotor?

Sebuah video yang sedang ramai di jagat dunia maya menunjukkan seorang pejalan kaki yang menegur para pemotor yang berkendara melewati trotoar lantaran jalanan sedang macet. Disebutkan dalam akun YouTube Koalisi Pejalan Kaki, kejadian tersebut berlokasi di Jalan Jatiwaringin, Jakarta Timur, sekitar pukul 18.35 WIB pada Senin (6/8/2018) lalu.

Saat menegur seorang pemotor, mereka terlibat dalam adu mulut. Pemotor tersebut terlihat tidak senang ditegur karena menurutnya tidak sopan, lalu menanyakan siapa sang pejalan kaki.

"Bilang, kamu siapa, emang kamu siapa? Maksudnya kamu petugas apa?" tanya pemotor dalam video.

"Bukan petugas, saya pejalan kaki. Pemakai trotoar," jawab pejalan kaki tersebut.

"Kok jadi marah marah lu mau jadi orang gila apa orang stres? Kalau mau negur orang itu yang hormat ya, yang sopan. 'Bu maaf ini salah', jangan dateng-dateng lu ngomel," omel sang pemotor.

Setelah itu pemotor pergi dan pejalan kaki kembali menegur pemotor lainnya yang masih masuk trotoar. Tiba-tiba pemotor tadi menghampiri dan memukulnya dengan tangan, lalu dengan helm sambil mengeluarkan kata-kata kotor.

Orang-orang yang berada di sekeliling mereka berusaha melerai, namun pemotor tersebut masih memarahi pejalan kaki dan menyebut bahwa pejalan kaki tersebut tidak memiliki wewenang untuk menegurnya karena dia bukan petugas.

"Walaupun macet lewat jalanan pak, jangan trotoar kayak Ibu tadi. Trotoar ini, Pak. Buat pejalan kaki ini," tegur si pejalan kaki usai kejadian tersebut.

[Gambas:Youtube]



Peristiwa ini lazim kita lihat sehari-hari, namun bagi pejalan kaki ini ia menegur karena ingin memperjuangkan hak pejalan kaki menggunakan trotoar. Bagaimana pendapatmu, HealthyFriends? Apakah kamu pernah mengalami hal serupa?
(frp/up)