Rabu, 08 Agu 2018 12:35 WIB

Tolong! Korban Gempa Lombok Sangat Butuh Pembalut

Widiya Wiyanti - detikHealth
Stok obat-obatan di salah satu posko pengungsi korban gempa di Lombok Utara (Foto: Widiya Wiyanti/detikHealth) Stok obat-obatan di salah satu posko pengungsi korban gempa di Lombok Utara (Foto: Widiya Wiyanti/detikHealth)
Lombok Utara - Korban gempa di Lombok Utara banyak yang mengungsi di Rumah Sakit Lapangan, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Lombok Utara. Mereka terpaksa mengungsi karena rumahnya hancur rata dengan tanah.

Di RS Lapangan ini, detikHealth didatangi oleh seorang wanita korban gempa yang mengaku bahwa rumahnya juga hancur. Namanya Mulinep. Ia meminta pembalut karena tiba-tiba mengalami datang bulan.

"Mbak bisa mintakan pembalut? Saya sudah cari di toko-toko tapi tutup karena hancur," pintanya, Rabu (8/8/2018).



detikHealth pun mencoba untuk meminta pada perawat dari Batalyon Kesehatan 2 (Yonkes 2), Pujo Wahyono. Namun yang mengejutkan ia menjawab tidak ada ketersediaan pembalut di sini.

"Waduh, pembalut nggak ada, pempers juga nggak ada," jawab Pujo kepada detikHealth.

Pujo mengaku bahwa belum ada ketersediaan donasi berupa pembalut dari RSUD maupun TNI. Ia menyarankan pada orang-orang yang ingin donasi ke Lombok untuk memberikan persediaan pembalut.

Sementara itu, Komandan Yonkes 2, dr Shohibul Hilmi, SpOT mengatakan bahwa akan segera menyediakan pembalut untuk korban gempa Lombok terutama wanita.

"Kami akan kordinasikan, akan minta pembalut lebih," tegasnya.

(wdw/up)
News Feed