Rabu, 08 Agu 2018 17:12 WIB

Menkes Sebut Korban Gempa Lombok Bertambah Jadi 226 Orang

Widiya Wiyanti - detikHealth
Menkes Nila F Moeloek meninjau lokasi gempa di Lombok (Foto: Widiya Wiyanti/detikHealth) Menkes Nila F Moeloek meninjau lokasi gempa di Lombok (Foto: Widiya Wiyanti/detikHealth)
Lombok Utara - Data terbaru pada Rabu (8/8/2018), korban meninggal dunia akibat gempa Lombok bertambah menjadi 226 orang. Dengan Kabupaten Lombok Utara mencatatkan jumlah korban paling banyak, yaitu 194 orang meninggal.

Korban meninggal lainnya tersebar 21 orang di Lombok Barat, Kota Mataram 7 orang, Lombok Tengah 2 orang, dan Lombok Timur 2 orang.

"Yang harus dioperasi ada 139, ini umumnya yang patah-patah tulang. Jadi ada 135 yang dilakukan operasi untuk patah tulang," ujar Menteri Kesehatan RI, Nila F. Moeloek saat berkunjung ke tempat pengungsian di Lapangan Kantor Bupati Lombok Utara, Rabu (8/8/2018).



Kondisi salah seorang korban gempa di Lombok Utara.Kondisi salah seorang korban gempa di Lombok Utara. Foto: Widiya Wiyanti/detikHealth


Menkes Nila menyebutkan bahwa sudah mengerahkan dokter bedah tulang atau ortopedi sebanyak 60 orang. Dan menerjunkan 78 dokter spesialis.

Sementara itu, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menginstruksikan kepada Komandan Resort Militer, Ahmad Rizal Ramdhani untuk terus mencari data korban yang hilang.

"Mendata orang hilang, baik karena reruntuhan gedung atau karena melarikan diri saat ada peringatan tsunami. Kembali juga kesulitan, ini harus melibatkan kepala desa dan pak lurah," jelas Marsekal Hadi.

(wdw/up)
News Feed