Sabtu, 11 Agu 2018 12:06 WIB

Gaya Hidup yang Seperti Ini Bisa Memicu Diabetes

Christantio Utama - detikHealth
Nggak melulu gula darah tinggi berarti diabetes. Foto: Thinkstock Nggak melulu gula darah tinggi berarti diabetes. Foto: Thinkstock
Jakarta - Jumlah pengidap diabetes di Indonesia setiap tahun semakin meningkat. Menurut data International Diabetes Federation (IDF) tahun 2017, diperkirakan terdapat 10 juta orang menderita diabetes di Indonesia. Itu artinya Indonesia berada pada peringkat ke-6 negara dengan penderita diabetes terbanyak di dunia.

Masih banyak kalangan yang belum memahami penyakit ini, kebanyakan dari kita menganggap gula darah yang tinggi berarti terkena diabetes. Padahal belum tentu, orang yang tidak terkena diabetes bisa juga mengalami tingkat gula darah yang tinggi.


Diabetes sendiri adalah penyakit di mana tubuh tidak dapat memproduksi atau mencukupi insulin (hormon pengatur gula darah) dalam tubuh. Sehingga menyebabkan gula darah menjadi meningkat.

"Diabetes bukan selalu karena tingkat gula darah yang tinggi. Tapi juga mengenai gaya hidup seseorang," tutur Dr dr Aris Wibudi, SpPD, KEMD, ketua Perhimpunan Edukator Diabetes Indonesia (PEDI) dalam sebuah seminar di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan.

Gaya hidup tidak sehat yang dimaksud di sini adalah seperti jarang berolahraga, merokok, sembarang mengonsumsi makanan dan obesitas bisa menyebabkan penyakit diabetes.

Sebanyak 2 dari 3 orang yang terdiagnosis tidak mengetahui dirinya terkena diabetes. Sebagian besar orang mengakses layanan kesehatan sudah dalam kondisi terlambat.

"Sangat penting bagi para penderita diabetes, keluarga penderita diabetes serta yang belum terkena diabetes untuk mendapatkan informasi yang jelas mengenai penyakit ini," jelas Dr Aris.


Tonton juga video: 'Hati-hati! Dampak Bahaya Tidur Terus Saat Libur Kerja'

[Gambas:Video 20detik]



Gaya Hidup yang Seperti Ini Bisa Memicu Diabetes
(Christantio Utama/up)
News Feed