Minggu, 12 Agu 2018 15:21 WIB

Viral Smoking Room Bertema Kuburan, Ini Kata Bandara Husein Sastranegara

Dony Indra Ramadhan - detikHealth
Kisah smoking room menyeramkan di bandara ini viral di medsos (Foto: Facebook) Kisah smoking room menyeramkan di bandara ini viral di medsos (Foto: Facebook)
Bandung - Cerita seorang pria yang ketakutan merokok di smoking room Bandara Husein Sastranegara Bandung viral di media sosial (medsos). Pria tersebut merasa seram setelah melihat gambar pemakaman di langit smoking room. Apa tujuannya?

"Jadi begini, sebenarnya filosofinga membuat atau mengingatkan perokok soal bahaya merokok. Intinya itu goalnya," ucap Executive General Manager PT Angkasa Pura II Cabang Bandara Husein Sastranegara Bandung Andika Nuryaman saat dihubungi detikcom, Minggu (12/8/2018).

Sejak adanya smoking room bergambar seram tersebut, Andika menuturkan tak sedikit yang akhirnya mengurungkan niat untuk merokok. Dia juga tak memungkiri ada yang protes atas gambar seram tersebut.

"Kita enggak pungkiri, ada juga (yang protes). Kalau buat perokok ya jadi enggak mau merokok karena seram," kata Andika.


Penampakan seram di smoking room yang viral tersebut.Penampakan seram di smoking room yang viral tersebut. Foto: Facebook: Dode Yogiswara


Pengelola Bandara Husein Sastranegara dari PT Angkasa Pura lainnya, Iwan Winaya menjelaskan ruang merokok tersebut terletak area boarding pass keberangkatan domestik. Ruangan berukuran 3 x 1,5 meter tersebut berada di pojok dekat toilet.

"Secara ruangan memang terbatas. Paling-paling lima atau empat orang efektifnya. Tempatnya juga kalau bagi yang enggak merokok, enggak akan terlihat," tutur Iwan saat dihubungi.

Iwan menuturkan ruangan merokok tersebut sudah ada sejak setahun lalu. Ruangan tersebut didesain khusus oleh desainer dari 'Pikir Mikir'.

Iwan menceritakan pembuatan ruang merokok tersebut merupakan inisiatif lantaran keterbatasan ruang di Bandara Husein. Apalagi, kata dia, area di keberangkatan domestik tak memiliki ruangan lebar.

"Begitu terbatas kita punya ide, ruangan itu kan seperti kotak kecil, nah kotak itu kok kayak kuburan, makanya kita desain seperti kuburan," kata Iwan.



Pihak Bandara awalnya justru akan membuat bagian temboknya dari pasir atau tanah yang dilaminating. Namun ada pertimbangan lain sehingga pihaknya menggunakan dinding yang bercar cokelat seolah-olah liang lahat.

Iwan menambahkan desain smoking room bertema kuburan itu dibuat sengaja untuk mengingatkan para perokok atas bahaya merokok. Hal ini juga untuk mendorong program pemerintah terhadap kawasan tanpa rokok.

"Kalau pastinya akan tergerak. Kan dia begitu merokok kesannya dia melihat ke pinggit kok cokelat ngeliat ke atas seolah-olah kayak nabur bunga," ujarnya.

Sebelumnya, seorang pria menceritakan saat dirinya tak jadi merokok setelah masuk ke smoking room. Cerita kali ini muncul dari akun Facebook milik Dode Yogiswara. Ia mengisahkan ketika ia sedang berada di bandar udara Husein Sastranegara Bandung dan masuk ke dalam smoking room.

"Lagi di airport Bandung. Masuk ke smoking room. Ruangan sangat sempit. Ukuran mungkin 2.5 x 1.5m.. design dinding seperti tanah coklat kemerahan. Abis nyalain rokok, iseng liat ke atas, ada gambar ibu ibu bapak bapak lagi tabur bunga dari atas. Feeling langsung ga enak, buru2 matiin rokok trus keluar," tulisnya

Pria ini pun membagikan foto-foto seram dari ruang merokok tersebut. Sampai berita ini ditulis, unggahan ini telah mendapatkan 996 komentar dan lebih dari 12 ribu kali dibagikan.

"Kayak yang di kubur gua," sahut netizen di kolom komentar.

"Patut di contoh buat smoking room lainnya," tambah yang lain.

Bagaimana menurut kamu, menyeramkan sekali bukan?


Simak Juga 'Perokok Berat Boleh Donor Darah Gak sih?':

[Gambas:Video 20detik]


Viral Smoking Room Bertema Kuburan, Ini Kata Bandara Husein Sastranegara
(up/up)